AdvertorialNgawi

Dispencapil Ngawi Sediakan Dua Model Pelayanan

Berikan Kemudahan Sambut New Normal

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Menyambut era new normal atau tatanan normal baru Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispencapil) Ngawi telah menyiapkan dua model pelayanan sekaligus. Baik secara online maupun offline dengan datang ke kantor dinas tersebut. ‘’Mudah-mudahan dengan segala kemudahan itu, kesadaran masyarakat Ngawi terhadap dokumen administrasi kependudukan bisa lebih meningkat,’’ kata Kepala Dispencapil Ngawi Sugeng.

Sugeng mengungkapkan fungsi dokumen administrasi kependudukan bagi setiap warga itu sangat penting, maka semuanya wajib memilikinya. Mulai dari akta kelahiran, kartu keluarga, KTP elektronik (e-KTP) maupun kartu identitas anak (KIA). Untuk mendorong terpenuhinya kebutuhan dokumen administrasi kependudukan tersebut, pihaknya selalu berupaya memberikan kemudahan dalam setiap proses pengurusannya. ‘’Sekarang bisa lebih mudah karena bisa diakses melalui smartphone maupun sejenisnya,’’ ungkapnya.

Di antara dokumen yang dapat diurus secara online yakni kartu keluarga, e-KTP, akta kelahiran maupun surat keterangan pindah domisili. Sedangkan yang wajib datang ke kantor yakni legalisir dan perekaman e-KTP. ‘’Kalau sudah perekaman (e-KTP) kami sudah menyiapkan layanan antar, kerjasama dengan pihak ketiga. Jadi yang rumahnya jauh tidak perlu datang lagi untuk mengambilnya, akan kami antar melalui pihak ketiga,’’ paparnya.

Meski layanan secara offline sudah dibuka kembali, namun Sugeng memastikan semua tetap mematuhi protokol kesehatan. Tidak ada batasan terkait jumlah warga yang ingin mengurus dokumen setiap hari. Tetapi, semua harus mau jaga jarak, pakai masker, cuci tangan pakai sabun dan memenuhi ketentuan yang berkaitan dengan pencegahan penyebaran Covid-19 lainnya. ‘’Bertepatan dengan Hari Jadi Ngawi ke-662 ini, kami dari Dispencapil Ngawi berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan mudah diakses oleh semua masyarakat,’’ harapnya. (tif/odi/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button