Ngawi

Dispencapil Ngawi Maksimalkan Permohonan Online

Pelayanan E-KTP Dilakukan Outdoor

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Penerbitan e-KTP bagi pemilih pemula menjadi fokus pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispencapil) Ngawi. Hal tersebut berkaitan dengan agenda politik Pilkada 2020. Pun, petugas dinas itu rela jemput bola ke sekolah-sekolah untuk proses perekaman.

‘’Itu (jemput bola, Red) sebelum ada pandemi Covid-19. Sekarang tidak lagi. Tapi, bukan berarti intensitas perekaman berkurang, karena kami memaksimalkan permohonan online,’’ kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispencapil) Ngawi Sugeng Senin (20/7).

Sugeng memperkirakan, jumlah pemohon e-KTP baru tahun ini mencapai 5 ribu-10 ribu. Sementara, hingga Juni tahun ini pihaknya sudah menerbitkan sekitar 26 ribu keping dokumen kependudukan tersebut. ‘’Padahal, target semula hanya 15 ribuan keping,’’ sebutnya.

Selama masa pandemi, kuota pemohon dibatasi menjadi hanya sekitar 350 orang per hari. Pun, pelayanan dilakukan di luar ruangan alias outdoor untuk memudahkan pengawasan dalam hal physical distancing. ‘’Pengunjung juga wajib pakai masker, mencuci tangan, dan dicek suhu tubuhnya,’’ papar Sugeng.

Dia optimistis proses pencetakan e-KTP tahun ini berjalan lancar karena tidak terkendala kelangkaan blangko. ‘’Info terbaru, Kemendagri juga sudah mengajukan pengadaan sebanyak 25 juta blangko,’’ pungkasnya. (mg1/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button