Magetan

Disparbud Magetan Jajaki Pengembangan Air Terjun Tirtosari

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Magetan menjajaki pengembangan Air Terjun Tirtosari dan sumber air hangat di Ngancar, Plaosan. Agar di sepanjang jarak tempuh dari Dusun Ngluweng menuju air terjun yang cukup jauh terfasilitasi tempat–tempat rehat bagi para pengunjung. ‘’Ada beberapa lokasi yang jadi inspirasi. Salah satunya Srambang Park di Ngawi,’’ kata Kepala Disparbud Magetan Joko Trihono, Minggu (23/5).

Joko percaya sektor pariwisata masih menunjukkan sinyal positif. Kehadiran pemerintah serta elemen lain diperlukan untuk lebih mendorong kemampuan serta memfasilitasi ruang gerak bagi tumbuh-kembangnya pariwisata. Dibutuhkan sinergi dari berbagai pemangku mulai pemerintah, akademisi, pelaku usaha, hingga masyarakat. ‘’Kami ajak desainer dari Unesa (Universitas Negeri Surabaya) agar mengatur tata letak gazebo di sana,’’ ujarnya.

Kamis lalu (20/5) Unesa survei potensi wisata di Ngancar, Plaosan. Tim akademisi itu pun kepincut keindahan Air Terjun Tirtosari dan sumber air panas Kedung Gupit. Kampus yang bakal buka cabang ketiga di Magetan itu segera melakukan kajian-kajian dari berbagai disiplin ilmu sesuai tahapan pengembangan potensi alam. Jika kelak destinasi wisata di Ngancar populer, tentu saja keramaian wisatawan tak hanya terpusat di Sarangan. Lokasinya pun relatif dekat karena masih dalam satu kecamatan dan jalurnya sudah tersedia. ‘’Destinasi ini perlu ditambahi selfie deck dan gazebo untuk tempat istirahat bagi para pengunjung,’’ tuturnya. (fat/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button