Madiun

Diskon Gede-gedean Super Merdeka Listrik

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Diskon gedhen tambah daya listrik diminati warga. Sejak pendaftaran dibuka 14 Juli lalu, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Madiun mencatat 380 pelanggan yang mendaftar hingga Senin (26/7). Tingginya animo itu seiring peningkatan konsumsi listrik selama PPKM darurat dan level 4.

Manajer Bagian Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PLN UP3 Madiun Indra Sujatmika mengatakan, peningkatan konsumsi listrik rumah tangga selama PPKM rata-rata 30 persen. Itu berbanding lurus dengan meningkatnya aktivitas di rumah yang membutuhkan teknologi dan jaringan listrik. Contohnya, work from home (WFH) maupun pembelajaran dalam jaringan. ‘’Kami dari PLN menjawab kebutuhan pelanggan dengan Super Merdeka Listrik,’’ kata Indra, Rabu (28/7).

Indra menjelaskan, Super Merdeka Listrik merupakan diskon besar-besaran untuk pelanggan. Khususnya tambah daya bagi pelanggan 450 VA dan 900 VA mulai 14 Juli hingga 31 Agustus mendatang. ‘’Super Merdeka Listrik diberikan tahun ini dalam rangka memeriahkan HUT ke-76 RI pada 17 Agustus mendatang,’’ ujarnya.

Indra mengklaim diskon tahun ini sangatlah luar biasa. Pasalnya, biaya tambah daya hanya Rp 202.100. Sedangkan tarif normal, dari 450 VA naik ke 900 VA biayanya Rp 421.650. ‘’Termasuk dari 450 VA ke 5.500 VA tarif normal Rp 4,8 juta, kali ini cukup bayar Rp 202.100. Begitu pula dari 900 VA naik daya di atasnya,’’ jelas Indra.

Diskon berlaku bagi semua kategori tarif. Mulai sosial, industri, bisnis, hingga rumah tangga. Pihaknya ditarget 350 pelanggan. Namun, saat ini telah terpenuhi lebih dari 100 persen. Kendati demikian, kesempatan masih terbuka lebar bagi pelanggan yang membutuhkan kenaikan daya. ‘’Syaratnya cukup download aplikasi New PLN Mobile,’’ ungkapnya.

Kendati diserbu peminat, pihaknya memastikan tidak terjadi kerumunan. Sebab, pendaftaran melalui aplikasi. Diskon tidak berlaku bagi pendaftaran offline. ‘’Jadi, hanya berlaku untuk pendaftar melalui New PLN Mobile. Selain itu tidak berlaku. Pembayaran juga lewat situ, bisa perbankan, OVO, GoPay, atau lainnya. Sehingga, tidak ada tatap muka,’’ paparnya.

Syarat lain, pelanggan cukup memasukkan nomor identitas diri pelanggan PLN alias IDPEL serta verifikasi akun. Dalam proses itu butuh upload foto pelanggan dan kartu tanda penduduk (KTP). Itu untuk verifikasi identitas pelanggan dengan akun yang dibuat. ‘’Setelah itu, baru dapat mengajukan diskon tambah daya melalui aplikasi tersebut,’’ urainya.

Di bagian lain, bagi pelanggan 450 VA yang sebelumnya mendapat stimulus diskon tarif listrik masih dapat menikmatinya. Asalkan, pelanggan menambah daya tidak lebih dari 900 VA dan NIK pelanggan masuk daftar yang disubsidi. Jika melewati daya tersebut, dipastikan stimulus hangus. ‘’Karena subsidi listrik diberikan khusus pelanggan 450 VA dan 900 VA,’’ pungkasnya. (kid/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button