Madiun

Dishub Kota Madiun Tambah Tiga Lampu Bangjo

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Kawasan black spot ring road barat jadi perhatian Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Madiun. Rencananya, bakal dipasang traffic light (TL) di beberapa simpang jalan jalur lingkar tersebut. Tujuannya, meningkatkan efisiensi rekayasa lalu lintas. ‘’Ada penambahan tiga TL tahun depan,’’ kata Kepala Dishub Kota Madiun Ansar Rosidi Selasa (26/11).

Terdiri dua TL baru dan satu pengganti. Lampu bangjo baru ditempatkan di persimpangan Jalan Pajajaran dan Jalan Majapahit. Serta satu di ring road barat. Sedangkan bangjo pengganti di simpang empat Sogaten. ‘’Ada TL yang sudah waktunya diganti,’’ ujarnya.

Menurut Ansar, penambahan bangjo untuk merekayasa lalu lintas di beberapa persimpangan yang dianggap rawan kecelakaan maupun padat kendaraan. Sedangkan, penggantian TL untuk menggantikan fungsi lampu pengatur lalu lintas yang sudah rusak. ‘’Perlu diganti baru,’’ tegasnya.

Untuk sementara, perlengkapan jalan lain sudah terpasang di sejumlah titik tersebut. Mulai rambu-rambu, markah jalan, hingga pemasangan kaca cembung di Jalan Pajajaran. Beberapa speed trap juga telah diterapkan di ring road barat.

Ansar menyebut, anggaran yang dialokasikan untuk kegiatan tersebut mencapai Rp 100 juta–Rp 150 juta. Jenis TL yang dibeli sama seperti lampu pengatur lalu lintas umumnya. Tapi, lebih bagus dibandingkan bangjo lama. ‘’Ada (waktu) digital,’’ ungkapnya. (her/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button