Magetan

Diserang Hama Ulat Bawang, Petani Magetan Merugi Jutaan Rupiah

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Puluhan petani bawang merah di Sumberagung, Plaosan, menghadapi ancaman gagal panen. Usai lahan pertanian mereka diserang hama ulat bawang. Kerugian jutaan rupiah berada di depan mata. ‘’Lahan saya sudah 50 persen rusak karena diserang hama,’’ ungkap Suparno, salah seorang petani di Sumberagung, Senin (27/9).

Hama ulat bernama ilmiah Spodoptera exigua itu mulai menyerang di lahan pertanian milik Suparno sejak satu bulan terakhir. Betapa terkejutnya dia mendapati ulat berwarna hijau dengan panjang sekitar 1,5 sentimeter itu menggerogoti tanamannya. ‘’Daun-daun menguning. Dalam waktu cepat langsung rusak, tidak ada gunanya,’’ ujarnya.

Wajar saja jika Suparno berang. Pasalnya, gegara daun rusak diserang hama, panen yang dihasilkan dijamin berkualitas buruk. Bahkan, bisa gagal panen. Dia menaksir, kerugian yang akan dialaminya mencapai Rp 7 juta hingga Rp 10 juta. ‘’Kami terancam gagal panen. Satu lahan saja ada yang kerusakannya sudah mencapai 90 persen,’’ keluh Suparno. (mg5/c1/naz/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button