Magetan

Disdukcapil Magetan Rekrut 24 Tenaga Non-PNS

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – DIBUKANYA pelayanan rekam-cetak e-KTP di semua kecamatan memaksa Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Magetan menambah personel. Sedikitnya 24 tenaga non-PNS direkrut pada akhir tahun ini. Mereka mulai bertugas 2 Januari mendatang di tiap kecamatan untuk melayani rekam-cetak dokumen kependudukan tersebut.

Ketua panitia seleksi petugas operator non-PNS Disdukcapil Magetan Andi Purnawirawan menjelaskan, sejak pendaftaran dibuka pada 2 Desember lalu, ada 98 orang yang mengajukan lamaran. Dari jumlah itu hanya 44 orang yang lolos seleksi administrasi dan berlanjut ke wawancara. ‘’Persyaratan sudah kami sampaikan pada pengumuman,’’ ujarnya Senin (9/12).

Dari 44 orang yang mengikuti seleksi wawancara tersebut, kata Andi, dikerucutkan menjadi 24. Dari jumlah itu, lima orang bakal ditempatkan di kantor Disdukcapil Magetan, dua di mal pelayanan publik (MPP), dan masing-masing satu orang di kecamatan, kecuali Kecamatan Magetan dan Kawedanan.

‘’Untuk Kecamatan Magetan bisa di MPP dan kantor disdukcapil, tidak perlu ke kecamatan,’’ ungkap Andi sembari menyebut para tenaga operator itu bakal dibekali cara pengoperasian peralatan rekam-cetak e-KTP.

Dia menyebut, para tenaga non-PNS itu bakal menjalani kontrak selama satu tahun. Sama seperti tenaga operator non-PNS yang juga direkrut pada awal tahun lalu. ‘’Setelah kontrak habis, tes lagi. Tidak serta merta diperpanjang,’’ terangnya.

Andi menambahkan, pada rekrutmen tenaga operator non-PNS kali ini pihaknya mendapat pendampingan dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Inspektorat Magetan. Sedangkan tim pengujinya dari disdukcapil karena lebih menguasai materi.

Sekadar diketahui, Disdukcapil Magetan baru saja membeli 14 set peralatan rekam-cetak e-KTP pada masa Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2019. Pembelian itu untuk melengkapi peranti sebelumnya yang hanya berjumlah enam unit. Padahal, Magetan memiliki 18 kecamatan.

Selain didistribusikan ke kecamatan, peralatan itu juga akan ditempatkan di MPP yang mulai beroperasi akhir tahun ini. (bel/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close