AdvertorialMagetan

Disdukcapil Magetan Mudahkan Urus Data Kependudukan

APRESIASI ANJUNGAN DUKCAPIL MANDIRI

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Dirjendukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh juga mengapresiasi inovasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Magetan.

Disdukcapil mendapatkan ganjaran manis dengan predikat zona integritas wilayah bebas korupsi. Predikat tersebut jelas membanggakan. ‘’Sudah terpenuhi dua syarat. Pertama, ikhtiar untuk mencegah korupsi dan pungli. Kedua, service excellent,’’ kata Zudan saat meninjau ruang pelayanan di Disdukcapil Magetan Minggu (29/12).

Selain harus dipertahankan, capaian itu wajib memicu dan memacu untuk berkarya lebih baik. Capaian itu juga harus menjadi batu pijakan menuju layanan yang membahagiakan masyarakatnya. ‘’Harus dipertahankan dan terus berbenah. Jangan berhenti, jangan merasa puas,’’ pesannya.

Prestasi lain yang ditorehkan disdukcapil yakni menjadi satu dari empat kabupaten pertama yang akan mengoperasionalkan anjungan dukcapil mandiri (ADM). Bersama Kabupaten Wonogiri, Kota Tangerang Selatan, dan Musi Banyuasin. ADM memudahkan masyarakat dalam mendapatkan e-KTP, KK, KIA, akta kelahiran, kematian, hingga surat pindah. Karena tidak perlu antre panjang untuk mencetak data kependudukan. ‘’Seperti saat kita mengambil uang di ATM,’’ jelasnya.

Untuk bisa mendapatkannya, masyarakat hanya perlu datang ke kantor disdukcapil lalu mendaftar. Pemohon bakal mendapatkan pin atau QR code untuk di-scan pada ADM. Mencetaknya tak terbatas waktu alias selonggarnya waktu pemohon. Disdukcapil Magetan memiliki dua unit ADM. Satu unit bakal ditempatkan di kantor dan satu lainnya di mal pelayanan publik (MPP). ‘’Ada petugas dari dinas yang akan mendampingi. Masyarakat tidak perlu khawatir tidak bisa mengoperasikan mesinnya,’’ terang Zudan.

ADM memberikan kemudahan kepada generasi milenial yang melek teknologi. Serta bagi pemohon dengan kesibukan tinggi, sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus data kependudukan mereka. ADM memungkinkan mencetak data kependudukan di hari libur sekalipun. Prosesnya juga sangat cepat. Dalam hitungan menit sudah tercetak. ‘’Sesempatnya mau mencetak kapan,’’ pungkasnya. (bel/c1/fin/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close