Madiun

Dipercaya Cegah Korona, Jahe Diburu Warga

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Selalu ada berkah di balik musibah. Sejak Presiden Joko Widodo mengumumkan adanya dua WNI positif terjangkit Covid-19, permintaan jahe dan temulawak melonjak signifikan. Sebab, dua jenis komoditas itu dipercaya mampu mencegah virus yang lebih dikenal dengan sebutan korona tersebut.

”Sudah tiga hari ini banyak yang cari,” kata Sunarti, penjual jamu tradisional di Pasar Besar Madiun (PBM), Kamis (5/3).

Sunarti mengaku tidak bisa memastikan apalah jahe dan temulawak benar-benar bisa mencegah korona. Dia hanya memastikan bahwa kedua jenis empon-empon itu dapat membuat badan bugar dan sehat. ”Selain itu, sebagai minuman penghangat saat musim penghujan seperti sekarang,” ujarnya.

Lonjakan permintaan itu berdampak langsung pada kenaikan harga jahe dan beberapa jenis rempah lainnya. Jahe gajah, misalnya, harganya menyentuh Rp 40 ribu per kilogram. Padahal, sebelumnya hanya Rp 34 ribu. Begitu pula jahe emprit dan gundul yang semula Rp 38 ribu dan Rp 36 ribu, kini harganya juga bertengger di angka Rp 40 ribu.

Tak hanya jahe, harga temulawak dan kunyit ikut naik. Jika sebelumnya satu wadah hanya Rp 7.000, kini harganya mencapai Rp 10 ribu. ”Kalau serai naik Rp 2.000,” ungkap Nurul, pedagang sayuran dan rempah-rempah di PBM.

Di sisi lain, kata dia, stok bawang bombai semakin menipis. Pun, harganya naik gila-gilaan dari semula hanya Rp 20 ribu-Rp 22 ribu, kini menyentuh angka Rp 90 ribu. ”Bawang bombai kebanyakan diimpor dari Tiongkok. Katanya sekarang nggak boleh impor dari sana,” tuturnya.

Nurul menyebut, mahalnya harga bawang bombai membuat banyak pelanggan mengurungkan pembelian. Kalaupun terpaksa membeli, mereka mengurangi jumlah pembelian. ”Kalau terus-terusan seperti ini mending tidak kulakan saja,” ucapnya.

Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya mengimbau warga tenang dalam menyikapi wabah korona di sejumlah negara. Pun, dia meminta tidak menimbun masker demi keuntungan pribadi. ”Walaupun begitu, masker bukan segalanya. Terpenting adalah sering-sering cuci tangan dan menjaga kebugaran tubuh,” ujarnya. (mg3/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button