AdvertorialMadiun

Dinsos PPPA dan TP PKK Kota Madiun Peringati Hari Ibu Ke-91

Gelar Seminar Kesehatan Tambah Pengetahuan

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Peringatan Hari Ibu ke-91 digelar secara istimewa. Melalui dinas sosial, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak (dinsos PPPA) bekerja sama dengan tim penggerak pemberdayaan kesejahteraan keluarga (TP PKK), Pemkot Madiun mengadakan seminar kesehatan bertema Perempuan Berdaya, Indonesia Maju di aula Kecamatan Mangunharjo Rabu (18/12).

Seminar kesehatan tersebut diikuti 350 tamu undangan. Masing-masing terdiri dari perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) dan anggota TP PKK se-Kota Madiun. Kegiatan tersebut juga menghadirkan dr Sidarta Himawan Giri SpB sebagai narasumber. Dokter spesialis ahli bedah Rumah Sakit Onkologi Surabaya itu menjelaskan panjang lebar seputar kanker payudara. Harapannya, perempuan, terutama peserta seminar, mengetahui penyebab kanker payudara sejak dini. ”Juga mengenali ciri-ciri dan memahami penanganan penyakit yang banyak merenggut nyawa kaum hawa tersebut,’’ kata Ketua TP PKK Kota Madiun Yuni Setyawati.

Sesuai dengan tema yang diusung, Yuni meminta para ibu dan perempuan di Kota Madiun senantiasa kuat, sehat, bahagia, dan sejahtera. Mereka harus enjoy dan tidak boleh berpikir berat. ‘’Saya mengimbau kepada seluruh kaum perempuan dan ibu yang ada di Kota Madiun untuk memperhatikan kesehatan mereka dengan benar. Makan dan olahraga yang cukup. Sehingga bisa mengikuti berbagai macam kegiatan dengan lancar,’’ ujarnya.

Kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan di Kota Madiun menurutnya sudah tampak. Oleh karena itu, peran setiap laki-laki dan perempuan di Kota Madiun harus sejalan. Hal itu selaras dengan cita-cita RA Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita. ‘’Di Madiun sudah banyak perempuan yang berkarya, sehingga kesetaraan itu diakui. Hanya saja, di dalam komunikasi harus tetap ingat bahwa kita juga seorang ibu rumah tangga dan istri yang menjadi pendamping setia suami,’’ jelasnya.

Wali Kota Maidi menambahkan, ibu adalah sosok yang memiliki peran penting. Baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, maupun pembangunan negara. Di Kota Madiun misalnya. Banyak ibu yang menjadi anggota dewan hingga kepala OPD.  Menurutnya, mereka memiliki andil dalam pembangunan. ‘’Semangat ibu-ibu harus tetap berjiwa muda, baik dalam penampilan maupun pengetahuan,’’ pungkasnya. (fit/c1/odi/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button