Ngawi

Dinsos Ngawi Sulit Entaskan Anak Jalanan

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Bumi Orek-Orek hingga kini belum steril dari keberadaan anak jalanan (anjal). Kondisi itu disebut tidak terlepas dari lokasi daerah setempat yang strategis. ‘’Mereka kebanyakan dari luar kota,’’ ujar Kasi Rehabilitasi Sosial Anak dan Usia Lanjut Dinas Sosial (Dinsos) Edy Sutikno Selasa (17/12).

Dia mengatakan, remaja yang memilih hidup di jalanan umumnya memiliki latar belakang orang tua broken home atau ditinggal kerja di luar kota. ‘’Kurang perhatian menjadi faktor penyebabnya,’’ tuturnya sembari menyebut lingkungan juga memiliki pengaruh besar terhadap perilaku mereka.

Menurut Edy, berbagai upaya telah dilakukan dinsos untuk mengentaskan para anjal. Mulai bimbingan psikologis dan kerohanian hingga mengubah penampilan mereka agar tampak seperti remaja umumnya. Selain itu, pemberian pelatihan keterampilan untuk bekal masuk dunia kerja.

‘’Ada yang dikirim ke PSBR (Panti Sosial Bina Remaja, Red) Bojonegoro, Jombang, dan Surabaya. Setelah dari sana mereka masih diberi pembinaan lanjutan di Malang untuk bekal berwirausaha,’’ terangnya.

Meski begitu, sejauh ini masih banyak anjal yang memilih menggelandang di jalanan. Meski sempat terjaring razia dan mendapat pembinaan, mereka akan kembali ke jalanan. ‘’Perlu adanya sinergi yang baik dari pemerintah dan keluarga,’’ pungkasnya. (mg1/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button