AdvertorialNgawi

Dinkop UM Upgrade SDM KSP-USP

Gelar Pelatihan, Undang Mentor dari Semarang

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Dinkop UM) Ngawi terus mendorong pengembangan koperasi simpan pinjam (KSP) maupun unit simpan pinjam (USP) melalui peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM).

Salah satu yang dilakukan dengan memberikan pendidikan dan pelatihan standar pengelolaan bagi para pengelola KSP dan USP untuk meningkatkan kompetensi mereka di bidang perkoperasian. Pelatihan kali ini menghadirkan mentor berpengalaman dari Semarang. ‘’Koperasi tidak akan berjalan baik tanpa didukung SDM yang berkualitas,’’ kata Kepala Dinas Koperasi dan UM Ngawi Harsoyo Selasa (17/11).

Pihaknya bakal menerapkan sistem pelaporan komputerisasi dan online agar proses monitoring laporan pertanggungjawaban KSP dan USP berjalan efektif dan efisien. ‘’Dinkop UM siap mengawal dan memberikan solusi jika pengelola mengalami kendala dalam menyusun laporan keuangan, ‘’ tegasnya.

Selain menggelar pembekalan KSP dan USP, kemarin Dinkop UM Ngawi juga melaksanakan pelatihan membuat kerajinan dari bahan pelepah pisang dan batik ekoprint untuk pengurus koperasi perempuan. ‘’Itu juga untuk mendorong lahirnya wirausaha baru, terutama di masa pandemi seperti sekarang yang dampaknya ke sektor ekonomi sangat terasa,‘’ tuturnya.

Harsoyo menambahkan, akhir tahun ini Dinkop UM Ngawi akan melanjutkan beberapa agenda pelatihan kewirausahaan serta inovasi produk UMKM. ‘’Siapa pun boleh ikut. Kami akan bantu memberikan pembekalan maupun akses permodalannya,’’ pungkasnya. (rio/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button