AdvertorialNgawi

Dinkop Ngawi Agresif Jaring UMKM

Usulkan 19.878 Penerima BPUM Tahap II

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Dinkop-UM) Ngawi semakin agresif menjaring usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang berhak menerima bantuan produktif usaha mikro (BPUM). Langkah ini dilakukan agar tidak ada satu pun UMKM yang tidak tersentuh bantuan senilai Rp 2,4 juta dari Kementerian Koperasi. ‘’Di tahap kedua pendataan (hingga 3 November) sudah bertambah 2.000 lebih UMKM yang terdata akan menerima bantuan. Sampai saat ini pendaftaran masih dibuka,’’ kata Kepala Dinkop-UM Ngawi Harsoyo Rabu (4/11).

Pada tahap pertama, penyaluran bantuan uang tunai tersebut sudah disalurkan bagi 20 ribu penerima dari 36.368 UMKM yang diusulkan. Pada gelombang kedua pendaftaran yang dibuka sejak 15 Oktober lalu, Dinkop-UM Ngawi mengusulkan lagi sebanyak 19.878 usaha mikro. Sehingga, jumlah total penerima bantuan yang diusulkan dari tahap pertama dan kedua sebanyak 56.246 UMKM. ‘’Usulan tersebut paling banyak di wilayah Jawa Timur, dan ini pun diapresiasi Wagub Jatim Emil Dardak,’’ ungkap Harsoyo.

Pihaknya memprediksi penyerapan BPUM tahap dua bakal lebih maksimal. Saat ini dinkop-UM berhasil mendata ribuan UMKM baru yang bermunculan di tengah pandemi. Banyak di antara pelaku UMKM berasal dari karyawan perusahaan maupun pekerja pabrik di luar Ngawi yang di-PHK (pemutusan hubungan kerja). ”Mereka pulang kampung dan sekarang jualan untuk bertahan hidup di masa pandemi,” terangnya.

Kondisi ini juga mendorong dinkop-UM banyak mengadakan pelatihan bagi pelaku UMKM baru agar lebih produktif. Saat ini sudah berjalan 15 kegiatan pelatihan pembentukan wirausaha baru. Pelatihan tersebut meliputi cara pemasaran maupun akses permodalan usaha. ”Harapannya UMKM Ngawi tangguh di masa pandemi, ” tuturnya.

Selain menyasar pelaku UMKM baru, dinkop-UM juga menggelar pelatihan untuk koperasi wanita (kopwan). Tujuannya mendorong kopwan agar bisa membentuk wirausaha baru dan meningkatkan profesionalitas sumber daya manusia. (rio/c1/aan/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *