Magetan

Dinkes Sulit Telisik Penyebab Dugaan Keracunan Massal di Banjarejo

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Dinas kesehatan (dinkes) turun tangan seiring dugaan keracunan massal yang dialami warga Banjarejo, Panekan. Terlebih, peristiwa serupa pernah terjadi di Plumpung, Plaosan, Mei lalu. ‘’Kami menduga ada infeksi bakteri atau virus,’’ kata Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Rohmat Hidayat Kamis (10/6).

Rohmat mengaku kesulitan meneliti penyebab dugaan keracunan massal di Banjarejo. Kendati ada 44 warga setempat yang diduga mengalami keracunan. Dia mendapati ada tiga acara warga yang diduga menjadi biang. Yakni, hajatan pernikahan, tujuh bulanan, dan akikah. ‘’Kami sulit memastikan karena telat dilaporkan,’’ kilah Rohmat seakan balik menyalahkan warga akibat lamban melapor.

Akibat telat menerima laporan, dinkes kesulitan mencari sampel makanan untuk dianalisis. Baik bahan maupun makanan olahan yang disantap warga Banjarejo. ‘’Khusus akikah, kami dapat informasi warga memesan dari Madiun. Ini akan kami telusuri lebih lanjut,’’ ujarnya. (fat/naz/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button