Madiun

Dinkes Kabupaten Madiun Luruskan Penggunaan Masker

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Madiun tak dapat berbuat banyak menyikapi kelangkaan masker. Organisasi perangkat daerah (OPD) yang satu ini meluruskan fungsi dari alat penutup hidung dan mulut tersebut. ‘’Yang seharusnya pakai masker itu yang sakit,’’ kata Kepala Dinkes Kabupaten Madiun Soelistyo Jumat (6/3).

Soelistyo tidak menampik bahwa terjadi kelangkaan dan peningkatan harga masker yang diperjualbelikan secara umum. Baik di apotek maupun toko kesehatan. Dinkes tak mampu mengendalikannya. Sebab, masker yang diperjualbelikan untuk umum itu merupakan kewenangan dari masing-masing distributornya. ‘’Kami mengurusi stok masker untuk keperluan medis. Stoknya masih aman sampai April mendatang. Tapi, tidak untuk diperjualbelikan,’’ ujarnya.

Soelistyo menganggap kekhawatiran berlebihan dalam menyikapi virus korona hingga berimbas kelangkaan masker itu kurang tepat. Sebab, yang perlu dibekap penutup pernapasan itu seharusnya yang sakit saja. Namun, untuk pencegahan virus baru tersebut, dinkes tak diam. Sosialisasi telah dilakukan. ‘’Kami fokus ngurusi promotif dan preventif korona,’’ pungkasnya. (den/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button