Ponorogo

Dinding SMAN 1 Slahung Retak, Butuh Perbaikan Mendesak

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Empat kelas di SMAN 1 Slahung retak. Satu di antaranya rusak parah. Memaksa kegiatan belajar-mengajar (KBM) diungsikan ke ruang yang lebih aman. ‘’Belajar kami pindahkan karena khawatir dindingnya ambrol,’’ kata Kepala SMAN 1 Slahung Hariyadi.

Kerusakan yang tak bisa ditoleransi lagi itu terjadi di kelas XI. Retakannya menjalar sepanjang tiga meter di dinding. Dengan lebar retakan sekitar satu sentimeter. Di beberapa titik, retakan tampak sudah merekah. Selain kelas XI, tiga ruang kelas XII yang berderet bersebelahan juga mengalami kerusakan. Dua di antaranya rusak sedang, dan satu lainnya tergolong ringan. Kondisi itu jelas membuat hati siswa dan guru berdebar.‘’Totalnya empat kelas,’’ sebutnya.

Retakan itu, lanjut Hariyadi, sudah terjadi sejak dua tahunan terakhir. Semakin jelas terlihat setahunan terakhir. Sejak tahun pelajaran 2019/2020, para siswa di kelas XI dipindahkan ke laboratorium IPA. Pihak sekolah lantas mengusulkan perbaikan di tahun ini. ‘’Semakin membesar sekitar November,’’ ujar Hariyadi, sembari menyebut rusaknya empat ruang kelasnya itu diperkirakan tersebab kemarau panjang tahun lalu.

Dia mengingat, rehab ruang kelas di sekolahnya terakhir dilakukan 2015 silam. Pun, perbaikan yang dilakukan kala itu sebatas ringan. Hariyadi tak yakin berapa biaya yang harus digelontor untuk menangani kelasnya yang mengalami rusak berat dan rusak sedang. ‘’Sudah kami ajukan ke pemprov. Kejelasan turunnya berapa ruang kelas yang akan direhab, kami belum tahu. Kemungkinan Mei,’’ duganya. (naz/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close