AdvertorialNgawi

Dindik Ngawi: Semua Jenjang Pendidikan Terapkan K-13

NGAWI – Spirit Hari Jadi ke-661 Ngawi tecermin di dunia pendidikan. Tahun pelajaran 2019/2020 ini, seluruh lembaga pendidikan mulai jenjang PAUD/TK, SD, hingga SMP siap menjalankan Kurikulum 13 (K-13). ‘’Kesiapan K-13 tuntas tahun ini. Semua sekolah sudah bisa melaksanakannya  mulai masuk tahun pelajaran baru,’’ Kata Kepala Dindik Ngawi Abimanyu melalui Plt Kabid Pembinaan SD Istamar.

Istamar menjelaskan, seluruh tahapan menyongsong penerapan K-13 telah rampung. Akhir Juni lalu, dindik memberi pendidikan dan pelatihan (diklat) K-13 kepada 859 guru dari berbagai jenjang. Jumlah tersebut merupakan sisa guru yang sebelumnya belum mendapatkan diklat. ‘’Semua jenjang pendidikan di lingkup kami, 100 persen melaksanakan K-13,’’ sebutnya.

Istamar mengungkapkan, diklat terbagi menjadi tiga jenis berdasarkan sumber biaya. Yakni, biaya dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan biaya mandiri. ‘’Penuntasan kali ini, kami ambil pemerintah daerah. Jadi, guru yang didiklat tidak membayar sama sekali,’’ ungkapnya sembari menyebut diklat harus dilakukan bertahan lantaran kendala biaya.

Dia mengatakan, tuntasnya seluruh guru mendapat bekal diklat berbanding lurus dengan peningkatan kualitas pendidikan. ‘’Sebelumnya, beberapa guru yang belum mendapat diklat itu mengalami kesulitan dalam penerapan K-13. Tapi, semua itu sudah teratasi mulai tahun pelajaran baru 2019/2020,’’ terangnya.

Istamar menambahkan, meski seluruh tenaga pendidik di Bumi Orek-orek sudah siap menerapkan K-13, dindik tak mau berhenti sampai di situ dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Saat ini pihaknya tengah menyiapkan sejumlah unsur penunjang terlaksananya K-13. Salah satunya dengan menerapkan sistem e-rapor.

‘’Sebagai wujud penyesuaian aturan yang berlaku, saat ini kami sedang menyiapkan sistem e-rapor bagi seluruh lembaga pendidikan di Ngawi,’’ pungkas Istamar. (den/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button