AdvertorialPacitan

Dinas Pangan Pacitan Salurkan Cadangan Pangan Tahap Pertama

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Dinas Pangan Kabupaten Pacitan mulai menyalurkan cadangan pangan tahap pertama Selasa (3/3). Jumlahnya mencapai 30 ton. Cadangan pangan tersebut rencananya bakal disalurkan ke 5.494 warga di 37 desa di empat kecamatan di Pacitan. Meliputi Kecamatan Donorojo, Pringkuku, Tegalombo, dan Arjosari. ”Masing-masing jiwa mendapat 276,33 gram per hari dengan ketentuan maksimal 60 hari,” kata pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pangan Kabupaten Pacitan Pitoyo.

Pitoyo mengungkap bahwa penyaluran cadangan tersebut tidak hanya untuk menjalankan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 77 Tahun 2017. Melainkan karena adanya masyarakat yang mengalami rawan pangan sementara atau disebut dengan transien. Kondisi tersebut terjadi lantaran perubahan iklim yang berbuntut pada kemunduran masa penen. ”Yang biasanya tiga bulan sekali penen, sekarang mundur. Dan stok pangan di masyarakat juga habis,” jelasnya.

Kepala Bidang Kerawanan Pangan dan Cadangan Pangan Dinas Pangan Pacitan Sugeng Santoso menambahkan, tahun ini pihaknya baru mampu menyalurkan 43,72 ton cadangan pangan. Sedangkan targetnya mencapai 100 ton. Hanya saja target itu belum bisa dipenuhi saat ini. Itu mengingat alokasi anggaran yang ada di APBD murni hanya tersedia untuk 85 ton cadangan pangan. ”Perencanaannya yang 15 ton terpenuhi pada saat PAK (perubahan anggaran keuangan, Red),” bebernya.

Camat Donorojo Sugiyem berterima kasih kepada pemerintah kabupaten (pemkab) Pacitan. Pasalnya, melalui dinas pangan, mereka sudah mengalokasikan bantuan. Bantuan cadangan pangan tersebut bakal disalurkan sebaik-baiknya kepada masyarakat yang membutuhkan. Prioritasnya masyarakat kurang mampu. ”Karena dengan adanya bantuan ini dapat mengurangi beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujarnya.

Sementara itu, penyaluran cadangan pangan tahap pertama digelar secara simbolis di Balai Desa Belah, Donorojo, kemarin (3/3). Dalam kegiatan tersebut, Pitoyo didampingi kabid dan sejumlah stafnya. Selain itu, hadir pula camat Donorojo, serta perwakilan delapan kepala desa penerima cadangan pangan dan semua kasunnya. Dalam kegiatan tersebut, dibagikan pula cadangan pangan berupa beras sebanyak 9.798,66 kilogram untuk 1.182 warga di Kecamatan Dororojo. (ti1/c1/odi/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button