Ponorogo

Dinas Dukcapil Ponorogo Jemput Bola Dongkrak Capaian KIA

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo  – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Ponorogo terus menggenjot capaian kartu identitas anak (KIA). Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan jemput bola ke sekolah-sekolah.

‘’Sekarang sudah ada 300 sekolah yang sudah mengumpulkan berkas untuk penerbitan KIA,’’ kata Plt Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Dukcapil Ponorogo Rohim Armouji Minggu (24/11).

Pihaknya telah menggandeng dinas pendidikan dan  Kementerian Agama (Kemenag). Seluruh SD/MI dan SMP/MTs di Ponorogo diimbau mendaftarkan KIA siswanya secara kolektif. ‘’Data terakhir, kami sudah menerbitkan 30 ribu KIA,’’ ujarnya.

Menurut Rohim, sejak  bergulirnya pelayanan KIA di Ponorogo dua tahun lalu, jumlah pemohon KIA terus mengalami peningkatan signifikan. Pun, pemerintah pusat saat itu men-dropping 30 ribu blangko. ‘’Ini program nasional. Setiap anak (usia 0-17 tahun minus satu hari) harus ber-KIA,’’ tegasnya.

Ditanya rencana pemerintah mengganti nomor induk siswa nasional (NISN) dengan NIK, Rohim enggan berkomentar banyak tentang hal itu. Yang pasti, menurutnya, dukcapil bakal diuntungkan. Sebab, orang tua bakal berbondong-bondong mengurus KIA. ‘’Itu domainnya dindik, silakan dikonfirmasi ke sana,’’ ucapnya.

Dia menambahkan, pemohon KIA bakal naik lebih banyak jika fasilitas pelayanan publik menerapkan persyaratan tersebut untuk layanan tertentu. ‘’Tahun depan kami menyasar tempat hiburan anak. KIA ini kan memperlancar akses layanan publik. Bisa transformasi, perbankan, dan lainnya,’’ pungkasnya. (dil/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button