AdvertorialNgawi

Dinamika Ranperda Ubah Propemperda

Dibahas dalam Rapat Paripurna Perdana

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – DPRD Ngawi sepertinya tidak akan membahas semua rancangan peraturan daerah yang sudah ditetapkan dalam rapat paripurna Desember 2019 lalu. Hal itu dilakukan lantaran ada perubahan terkait program pembentukan perda (propemperda) DPRD Ngawi tahun ini. ”Karena adanya dinamika terkait ranperda maupun perda yang ada, jadi perlu dilakukan perubahan,’’ kata Ketua DPRD Ngawi Dwi Rianto “Antok” Jatmiko Senin (17/2).

Perubahan itu diketahui setelah DPRD Ngawi menggelar rapat paripurna perdananya tahun 2020 ini kemarin. Ada tiga agenda yang dibahas dalam rapat paripurna internal DPRD tersebut. Salah satunya mengenai perubahan materi dalam propemperda DPRD Ngawi 2020. ‘’Terutama yang menyangkut penyederhanaan perda pada retribusi jasa umum,’’ ujarnya.

Ada enam ranperda tentang retribusi jasa umum yang masuk dalam propemperda DPRD tahun ini. Meski tidak semuanya baru, tapi ada yang terkait perubahan perda maupun pencabutan. Antok menyebut, keenam ranperda itu bakal disederhanakan dengan cara menggabungkannya menjadi satu ranperda. ‘’Tapi nanti tetap akan diklasifikasikan terkait jenis-jenis retribusinya apa saja,’’ jelasnya.

Selain membahas soal perubahan propemperda itu, rapat paripurna kemarin sekaligus menetapkan panitia khusus (pansus) yang akan membahas ranperda tersebut. Totalnya ada tiga pansus yang sudah dibentuk. Sedangkan untuk beberapa ranperda lain, Antok mengatakan pembahasannya akan dilakukan pada masa sidang kedua nanti. ‘’Tapi mulai sekarang (masa sidang pertama, Red) sudah mulai dikelompokkan,’’ terangnya.

Lantaran sudah memulai tahap perencanaan pembangunan tahun 2021, pihaknya juga menyiapkan rumusan terkait pokok-pokok pikiran DPRD yang nanti akan diusulkan ke eksekutif. Pokok pikiran DPRD itu akan menjadi salah satu pertimbangan bagi eksekutif untuk menentukan program prioritas pembangunan di tahun anggaran 2021 nanti. (tif/c1/odi/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close