News

Diisi

×

Diisi

Share this article

Diisi – JAKARTA, KOMPAS.com – Kesalahan pengisian bahan bakar mobil bisa terjadi pada siapa saja. Kurangnya konsentrasi pengemudi atau petugas dapat mengakibatkan terjadinya misfire.

Dalam foto tersebut, terlihat seorang petugas SPBU mengosongkan tangki mobil karena kesalahan mengisi bahan bakar mesin diesel (decalite) menggunakan bensin (pertalite).

Diisi

Kesalahan ini pasti akan berdampak pada komponen mesin. Padahal, kesalahan ini bisa merusak dua komponen penting, yakni pompa injeksi bahan bakar dan nozzle.

Puncak Hajat Bumi Masyarakat Pulo Majeti Kota Banjar Diisi Dengan Ngalarung Di Rawa Onom

Didi Ahadi, Head of Technical Support Dealer PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan kesalahan pengisian bahan bakar mesin mobil diesel dapat mengakibatkan mobil mengalami perombakan besar-besaran (mesin rusak).

“Peralatannya pasti rusak dan perlu diperbaiki. Didi kepada Kompas.com, Rabu (8/9/2021) “Karena mesin bensin menggunakan bahan bakar bensin, maka solar bukanlah bahan bakar.”

Namun jika air di tangki Deedi sudah dibersihkan dan dimurnikan dan tidak terjadi masalah besar, maka pemilik kendaraan tidak perlu memperbaikinya.

KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Petugas SPBU memakai pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU Pertamina di Jl 31.128.02. Mayor Jenderal M.T. Haryono, Jakarta Timur, Senin (6/1/2020). Penggunaan face shield merupakan upaya melindungi diri saat bersentuhan langsung dengan pengemudi untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Dpr Punya Citra Buruk, Mang Gana Ungkap Saatnya Dpr Diisi Oleh Orang Terbaik

Sementara itu, Service Advisor Astra Isuzu (SA) Solo Haryanto mengatakan, jika kerusakannya tidak parah, cukup mengalirkan bensin dari tangki atau saluran ke ruang bahan bakar.

Namun jika kerusakannya parah dan mesin tidak bisa dihidupkan, sebaiknya diservis.

“Hal yang harus dilakukan jika mesin tidak bisa dioperasikan atau rusak parah adalah dengan memperbaiki atau mengkalibrasi pompa injeksi (bosch pump) atau nozzle,” kata Haryanto.

Baca Juga  Tempat Hinggap Yang Digunakan Untuk Permainan Softball Dinamakan

Haryanto menambahkan, kedua komponen tersebut merupakan komponen kritikal pada mesin diesel. Mesin hanya dapat dihubungkan atau digerakkan dengan bahan bakar solar.

Siap Siap, Manasik Haji 2024 Diisi Juga Latihan Fisik

“Pompa injeksi dan nozzle dapat berputar dan bergerak berdasarkan kandungan oli pada solar. Sementara bensin sama sekali tidak asyik, katanya.

Jika beruntung, kedua bagian tersebut dapat diperbaiki dan tidak memerlukan penggantian total. Namun jika rusak, maka bagian dalam pompa injeksilah yang perlu diganti.

“Kalau tersumbat, yang perlu diganti adalah bagian pompa injeksinya, lalu ubah settingnya kembali ke spek standar,” kata Haryanto.

Dapatkan berita dan update pilihan harian dari Kompas.com. Gabung di grup telegram “Update berita Kompas.com”, klik link https://t.me/kompascomupdate lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Kapasitas Lapas Magelang Membeludak, Satu Kamar Kapasitas 10 Diisi 30 Orang

Jixie mencari berita yang mendekati preferensi dan preferensi Anda. Kumpulan berita ini disajikan sebagai berita yang paling sesuai dengan minat Anda.

[Wartawan] Modifikasi Aneh Toyota Toyota Innova Zenix | Ada sobekan kecil di bagian samping ban mobil, apakah masih aman digunakan? Baca 1.519 kali

Informasi Anda akan digunakan untuk memverifikasi akun Anda ketika Anda memerlukan bantuan atau terjadi sesuatu yang tidak biasa dengan akun Anda.

Indosat pascabayar bisa diisi pulsa, aplikasi video diisi lagu, kartu pascabayar bisa diisi pulsa, resume jobstreet diisi apa, perut sakit saat diisi makanan, ac r32 diisi r410, perut diisi makanan mual, token tidak bisa diisi, cv kosong untuk diisi, air wiper diisi apa, token listrik tidak bisa diisi, mesin bensin diisi solar