Magetan

Diguyur Hujan, Parade Surya Senja Tetap Dilanjutkan

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Guyuran hujan tidak menghentikan pelaksanaan Parade Surya Senja (PSS) di alun-alun Magetan Selasa (17/12). Upacara penurunan bendera merah putih itu tetap dilangsungkan. Kendati sempat ditunda 15 menit dari jadwal pukul 15.30. ‘’Karena hujan tidak terlalu deras dan mengapresiasi petugas upacara yang sudah berlatih,’’ kata Kapolres Magetan AKBP Muhammad Riffai yang bertindak sebagai inspektur upacara.

PSS yang diselenggarakan ketiga kalinya ini melibatkan pelajar SMPN 3 Magetan. Penampilan mereka tetap maksimal meski di bawah guyuran hujan gerimis. Semangat tidak kendur sejak dimulainya pertunjukan kesenian hingga penurunan bendera. Peserta upacara juga terlihat khidmat. Meskipun tubuh dalam kondisi basah. ‘’Semangatnya luar biasa,’’ ujarnya.

Riffai menyatakan, upacara dalam kondisi basah adalah bentuk perjuangan. Hujan air tidak sebanding dengan perjuangan para pahlawan. Sebab, yang harus dilawan dalam upaya memerdekakan tanah air adalah hujan peluru. Karenanya, momen upacara saat hujan semakin menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme. Itu merupakan tema dalam upacara yang menduplikasi tradisi Istana Buckingham, London, Inggris, tersebut. ‘’Mereka telah berusaha menampilkan yang terbaik,’’ ucapnya.

Kepala Bakesbangpol Magetan Iswahjudi Yulianto mengatakan, PSS diselenggarakan sekali dalam sebulan setiap tanggal 17. Bentuk kecil dari peringatan kemerdekaan 17 Agustus. ‘’Tema bulan depan rencananya tentang lingkungan,’’ ujarnya.

Yuli berharap generasi muda menyadari perannya dalam kehidupan berbangsa. Sebagai generasi penerus yang ikut andil memelihara persatuan dan kesatuan. ‘’Satu tujuan memajukan Indonesia,’’ tegasnya. (fat/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close