Ngawi

Di Ngawi, Pasien Covid-19 Sampai Dirawat di Dalam Tenda

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – RS Widodo, Ngawi, mengambil langkah darurat. Fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) swasta itu mendirikan satu tenda gawat darurat (gadar) di halaman parkir kendaraan depan.

Menyusul penutupan sementara instalasi gawat darurat (IGD) akhir bulan lalu. Sebanyak 13 ranjang ruangan itu telah terisi pasien Covid-19. ‘’Jadi, ketika ada pasien umum dengan kondisi darurat dialihkan ke tenda gadar,’’ kata Nurul Faizah, dokter pelayanan umum RS Widodo, Rabu (7/7).

Nurul mengatakan, tenda gadar didirikan Senin lalu (5/7). Bagian dalam tenda bantuan Kementerian Sosial (Kemensos) seluas sekitar 60 meter persegi itu disekat menjadi 10. Delapan di antaranya disiapkan ranjang perawatan. Sisa dua sekat ditempati perawat jaga dan perlengkapan medis. ‘’Setiap sekat ada kipas anginnya. Kami sedang menambah toilet portabel,’’ ujarnya.

Dia menerangkan, tenda gadar untuk memisahkan pasien umum dengan yang terpapar virus korona. Bila ditemukan pasien umum bergejala Covid-19 dan tes antigennya reaktif, pihaknya segara memindahkannya ke IGD. ‘’Tenda ini sekaligus sebagai tempat skrining pasien Covid-19,’’ tuturnya. (mg5/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button