Pacitan

Di Kampung Halaman SBY, Jokowi Resmikan Waduk Tukul

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Waduk Tukul mulai beroperasi Minggu (14/2). Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meresmikan langsung bendungan di Desa Karanggede, Arjosari, Pacitan, itu. ‘’Hari ini sudah selesai dan siap difungsikan,’’ kata Jokowi dalam sambutan peresmiannya.

Jokowi menyebut, terdapat 65 bendungan di Indonesia yang telah dibangun dalam enam tahun terakhir. Beberapa sudah diresmikan. Pekan depan menyusul di sejumlah provinsi. ‘’Bendungan sangat penting. Selain pengendali banjir, juga untuk mengairi sawah dan penyediaan air baku,’’ jelasnya.

Waduk Tukul yang mampu mengairi sekitar ratusan hektare lahan sawah diharapkan dapat mendongkrak indeks pertanaman. Dari biasanya satu kali padi dan satu kali palawija per tahun, bisa dua kali padi dan satu kali palawija. ‘’Insya Allah ini sudah bisa dilakukan,’’ harapnya.

Jokowi juga berharap Waduk Tukul jadi infrastruktur penting yang dapat memperkuat sektor pangan dan pengairan. Dia minta Pemprov Jatim dan Pemkab Pacitan dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. ‘’Sehingga memberi nilai tambah bagi daerah, memberi keuntungan masyarakat, meningkatkan produksi pertanian, dan penyediaan air bersih bagi daerah,’’ bebernya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berterima kasih pada pemerintahan Jokowi. Sebab, telah membangun proyek strategis nasional berupa enam bendungan di wilayahnya. Khusus Wadul Tukul, dia menyebut sangat penting untuk pengairan lahan pertanian di Kecamatan Arjosari dan Pacitan (kota). (mg5/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close