News

Di Bawah Ini Yang Merupakan Dampak Positif Dari Globalisasi Adalah

×

Di Bawah Ini Yang Merupakan Dampak Positif Dari Globalisasi Adalah

Share this article

Di Bawah Ini Yang Merupakan Dampak Positif Dari Globalisasi Adalah – Tonton di sini, sudah menjadi tugas bulanan saya. Setiap hari ada balasan manis dari saudara-saudara yang mengirimkan: “Beri aku paket!”

Korea (padahal mukaku Arab ya) datang dan pergi. Eh, tapi tahukah kamu? Kemudahan berbelanja dan bertransaksi saat ini merupakan salah satu dampak globalisasi lho! Kali ini aku akan membahas berbagai dampak positif dan negatif globalisasi di bidang ekonomi dan sosial budaya nih guys. Yuk, simak pembahasan selanjutnya!

Di Bawah Ini Yang Merupakan Dampak Positif Dari Globalisasi Adalah

Anda pasti sudah tahu, apa itu globalisasi? Globalisasi merupakan pengaruh ilmu pengetahuan dan budaya ke seluruh dunia, sehingga batas antara ilmu pengetahuan dan budaya tidak lagi jelas. Intinya, akibat globalisasi tidak ada lagi batas-batas yang menghalangi kita untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan budaya dari negara lain.

Ini Dampak Perkembangan Teknologi Yang Dapat Dirasakan

Misalnya dengan media sosial seperti Instagram dan TikTok, kini banyak hal yang bisa dengan mudah Anda temukan, seperti apa yang sedang terjadi di kalangan remaja, perkembangan vaksin Covid-19, dan berbagai informasi lain yang sebelumnya sulit ditemukan. globalisasi.

Hal ini tidak mungkin terjadi secara kebetulan, kawan. Karena globalisasi merupakan suatu proses kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi maka globalisasi juga dipengaruhi oleh perdagangan internasional. Karena erat kaitannya dengan faktor ekonomi dan sosial budaya, tentu saja globalisasi juga berdampak pada aspek ekonomi dan budaya lho guys. Baik dampak positif maupun negatif. Mari kita bahas satu per satu, ya!

Pertama saya akan membahas aspek finansial. Ekonomi merupakan sektor yang paling erat kaitannya dengan globalisasi. Bahkan bukti paling jelasnya pun bisa kita rasakan setiap harinya lho. Globalisasi memungkinkan adanya perdagangan internasional, yaitu masuknya barang impor ke Indonesia atau keluarnya barang ekspor dari Indonesia ke negara lain.

Baca Juga  Sikap Awal Gerakan Guling Pada Gambar Diatas Adalah

Misalnya saja saat ini penjual furniture dan kerajinan tangan di Indonesia sudah bisa memasuki pasar internasional dan menjangkau pembeli di luar Indonesia lho! Tentu saja hal ini memberikan dampak positif bagi para penjual kami. Ya, tapi ada juga dampak negatifnya. Misalnya, pemilik usaha makanan lokal kini harus bersaing dengan produk makanan luar negeri di Indonesia, seperti McDonald’s, KFC, dan Burger King. Tentu saja hal ini bisa berdampak negatif jika para pemilik usaha makanan lokal kalah bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar tersebut di atas.

Lkpd Ips (globalisasi) Worksheet

Selain kasus-kasus di atas, kamu juga merasakan akibat lain akibat globalisasi lho. Seperti yang saya bilang tadi, sekarang sudah banyak

Apa yang membuat semua kebutuhan belanja Anda lebih mudah sebenarnya membuat Anda menjadi pelanggan (saya tidak, serius), yang berarti Anda masih merasakan dampak negatifnya. Sebagai contoh perilaku konsumen yang saya maksud adalah Anda membeli barang secara gila-gilaan, misalnya

, meskipun produk yang Anda beli memiliki nilai guna yang kecil atau Anda hanya membelinya karena tren, hal tersebut tidak perlu. Ya, tapi jika itu benar

Kemudian kami membahas implikasinya terhadap keadaan sosial budaya. Dari sisi ekonomi, dampaknya ke sisi sosial budaya bisa jadi kurang kentara lho. Karena biasanya secara tidak sadar kita mengubah perilaku atau pola pikir kita. Salah satu dampak globalisasi adalah Barat. Westernisasi adalah masuknya budaya atau gaya hidup barat ke dalam kehidupan kita sehari-hari yang menyebabkan terjadinya perubahan budaya lokal. Nyatanya tidak semua cara hidup orang barat bisa ditiru atau diterapkan di Indonesia lho.

Berdasarkan Gambar Diatas Merupakan Dampak Positif Perkembangan Iptek Dalam Bidang Transportasi Yaitu

Yang lain, kan? Jika kita perhatikan, terkadang kita disuguhkan dengan tingkah laku tokoh-tokoh yang memang merupakan bagian dari budaya barat dan tidak layak untuk kita tiru. Misalnya saja karakter anak sekolah tapi merokok dianggap biasa saja. Atau karakter yang masih anak-anak namun berani menelepon orang tuanya.

Baca Juga  Bagaimana Ketentuan Melodi Yang Baik

Jika diperhatikan, jelas hal ini sangat tidak sesuai dengan budaya kita bukan? Namun sayang, jika tayangan seperti itu menjadi hal biasa dan sering ditonton oleh anak-anak Indonesia, maka akan mengubah nilai-nilai ketimuran yang kita jaga.

Iya, walaupun namanya western, tapi hal yang bisa mengubah nilai budaya kita ternyata bukan datangnya dari barat lagi lho. Bisa dari budaya negara yang masih dekat dengan kita, misalnya Korea Selatan. Selama budaya luar menjadi alasan meninggalkan budaya lokal, maka itu bisa disebut pengaruh barat ya.

Namun ada juga istilah dampak positif globalisasi dalam aspek sosial budaya, yaitu modernisasi. Modernisasi adalah perubahan dan pengembangan terhadap sesuatu yang belum dikembangkan untuk menjadi lebih baik. Modernisasi ini tidak hanya berlaku pada teknologi, tetapi juga berlaku pada pikiran masyarakat yang terkena dampak kemajuan ilmu pengetahuan.

Dampak Positif Negatif Globalisasi Bidang Sosial Budaya, Apa Saja?

Misalnya, dahulu masyarakat masih bergantung pada dukun untuk urusan kesehatan. Namun, kini akses ilmu pengetahuan semakin mudah, banyak masyarakat yang mulai percaya dengan pengobatan modern dalam dunia medis.

Nah, sekarang sudah paham kan, apa dampak globalisasi? Penting untuk diketahui bahwa segala sesuatu bisa positif atau negatif, dan globalisasi pun demikian. Semuanya akan tergantung pada kita memanfaatkannya dan mengalaminya sendiri. Apakah Anda ingin memanfaatkannya dengan bijak, atau Anda malah terbawa angin kencang? Itu semua tergantung pilihan kita ya guys!

Karena perkembangan ilmu pengetahuan erat kaitannya dengan globalisasi, maka kamu jangan pernah bosan untuk terus belajar ya! Kalau bosan belajar, coba saja Ruangbelajar! Karena di ruang belajar kamu bisa mempelajari berbagai hal menarik yang tentunya disajikan dalam bentuk video animasi lho! Biar gak bosan belajarnya, hehe. Sampai jumpa di diskusi berikutnya kawan! Tetap semangat belajarnya, hehe. Sampai jumpa~

Baca Juga  Fungsi Sosiologi

Muslih, Ahmad, Iwan Setiawan, and Retno Kuning Dewi Pusparatri (2015) Kelas IX SMP/MTs Sekolah IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dampak Negatif Dan Positif Kemajuan Iptek Dalam Bidang Hukum

Dampak positif globalisasi, dampak positif globalisasi politik, dampak positif globalisasi di indonesia, makalah dampak positif globalisasi, dampak positif era globalisasi, contoh dampak positif globalisasi, dampak positif globalisasi ekonomi, dampak positif globalisasi teknologi, dampak positif negatif globalisasi, dampak positif dari globalisasi, artikel dampak positif globalisasi, dampak negatif dari globalisasi