News

Di Bawah Ini Merupakan Langkah-langkah Merangkum Dengan Pemetaan Pikiran

×

Di Bawah Ini Merupakan Langkah-langkah Merangkum Dengan Pemetaan Pikiran

Share this article

Di Bawah Ini Merupakan Langkah-langkah Merangkum Dengan Pemetaan Pikiran – Apakah Anda ingin catatan Anda lebih terorganisir, efisien dan mudah dibaca? Yuk, praktikkan teknik menulis Cornell ini. Lihat caranya!

Bagaimana biasanya Anda membuat catatan di kelas? Apakah Anda menggunakan peta pikiran atau menggunakan banyak warna agar lebih mudah diingat?

Di Bawah Ini Merupakan Langkah-langkah Merangkum Dengan Pemetaan Pikiran

Metode notasi ini diciptakan pada tahun lima puluhan abad ke-20 oleh Prof. Walter Pauk dari Universitas Cornell. Yuk, tinggalkan catatan berantakan yang bikin pusing dan praktikkan teknik Cornell berikut ini.

Langkah Langkah Memulai Campaign Email Marketing

Gambarlah garis yang membagi kertas bekas yang Anda miliki menjadi tiga bagian. Pertama, gambar garis horizontal 5 sampai 6 garis dari dasar kertas. Yang terbaik adalah membuat garis dengan pulpen atau spidol yang cukup tebal sehingga Anda dapat melihat batasnya dengan jelas. Kemudian gambarlah garis vertikal sepanjang sekitar 5 cm dari kiri. Garis vertikal ini harus memanjang dari garis horizontal di bagian bawah catatan yang Anda buat sebelumnya hingga bagian atas kertas.

Teknik penulisan metode Cornell mengharuskan Anda menggunakan kalimat yang ringkas. Jadi, Anda harus pandai memilah dan memasukkan poin-poin yang benar-benar penting saja.

Kolom sebelah kanan dengan spasi paling besar merupakan area utama untuk mencatat materi yang sedang dipelajari.

Jangan menggunakan kalimat yang panjang atau menuliskan semua yang dikatakan guru. Cobalah menulis dengan kalimat Anda sendiri atau gunakan simbol untuk ekspresi tertentu. Jika Anda ingin mempersingkat catatan, Anda juga bisa melakukannya

Brosur: Arti, Fungsi, Cara Membuat, & Contohnya (lengkap)

Kemudian pada kolom kecil sebelah kiri, Anda dapat menuliskan kata kunci yang berkaitan dengan materi yang Anda tulis. Selain itu, kolom kecil ini juga dapat Anda gunakan untuk mencatat ekspresi asing yang baru Anda pelajari.

Misalnya, Anda belajar matematika bersamaan dengan statistik. Pada kolom sebelah kiri dapat dituliskan istilah-istilah asing yang berhubungan dengan materi, seperti “median”, “kuartil”, “deviasi” dan lain-lain. Kolom ini menunjukkan topik secara umum.

, Anda mungkin jarang melakukan ini sebelumnya. Namun, dengan metode Cornell, Anda terpaksa memeriksa atau

Caranya, rangkumlah hal-hal yang Anda catat pada kolom Catatan dan Kata Kunci, lalu buatlah kesimpulan. Dengan cara ini Anda akan menguasai materi dengan lebih baik.

Belajar Seo Untuk Pemula: 6 Langkah Aplikatif

Padahal, saat mencatat, Anda tidak hanya mengandalkan otak untuk mengingat materi yang dipelajari, Anda juga melibatkan tangan dalam proses pembelajaran. Dengan cara ini, Anda dapat mengingat pelajaran dengan lebih kuat. Sederhana dan efektif

Penulis Konten dan Kinerja Konten di Saya harap Anda menikmati tulisan saya dan mempelajari satu atau dua hal! :D! Apa kabar? Penulis berharap kalian selalu sehat dan tidak sabar menjelang ujian atau bahkan di saat-saat seru menunggu pengumuman ujian.

Baca Juga  Gerakan Lay Up Shoot Diawali Dengan Melangkah Sebanyak

Oleh karena itu, kali ini penulis ingin membagikan beberapa cara merangkum cerita dengan mudah dan cepat. Ringkasan kegiatan ini tidak hanya berlaku pada cerita, tetapi juga pada materi ujian dan tugas sekolah.

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah membaca keseluruhan cerita. Penulis biasanya melakukan hal ini ketika merangkum novel, majalah, atau bahkan mengerjakan tugas sekolah.

Cara Memutihkan Wajah Yang Efektif, Siap Mencobanya?

Biasanya memerlukan waktu yang lama. Oleh karena itu, penulis menyarankan untuk menggunakan cara ini ketika mengerjakan PR atau pekerjaan rumah. Sebaliknya, metode ini menghasilkan ringkasan terbesar

Ini karena Anda akan benar-benar memahami keseluruhan cerita dari awal hingga akhir. Jika ada alur cerita yang tertukar, campur aduk, atau bahkan alur cerita yang terkesan membingungkan, Anda bisa menggunakan cara ini untuk membuat rangkuman yang runtut dan optimal.

Cara lain untuk meringkas sebuah cerita adalah dengan menyoroti informasi penting. Hal ini memang perlu Anda lakukan agar tidak melupakan beberapa informasi yang menjadi dasar atau konstruksi cerita

Oh iya, penulis juga punya tips buat kamu dalam menonjolkan informasi. Penulis sering menemukan bahwa siswa menyorot hingga 1 paragraf penuh. Tahukah kamu?

Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak. Berkhasiat Atasi Diabetes!

Tujuan dari penekanan itu sendiri hanya untuk memberikan petunjuk terhadap informasi penting. Jadi tidak perlu menandai hingga 1 paragraf. Cukup 1 atau 2 kalimat, bahkan 1 atau 2 kalimat.

. Setelah Anda membaca dan menyorot berbagai informasi penting, kini saatnya menuliskan semua informasi tersebut.

. Tetapi berhati-hatilah! Jangan sampai penggunaan kata sehari-hari dalam sebuah kalimat memberikan makna yang salah. Oleh karena itu, Anda tetap perlu berhati-hati dalam memilih kata atau ungkapan yang tepat

Cara terakhir untuk meringkas sebuah cerita adalah dengan membacanya kembali. Banyak dari Anda yang sering melewatkan langkah ini

Tujuan Teks Prosedur Beserta Contohnya Yang Perlu Diketahui

Dengan membaca ulang, Anda dapat mengecek kembali berbagai kalimat, kata, dan tanda baca yang mungkin kurang tepat

. Cara ini bisa kamu gunakan untuk soal-soal ujian bahasa Indonesia, untuk UTBK, atau bahkan untuk soal-soal latihan.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membaca paragraf demi paragraf. Bacalah dengan cepat kalimat demi paragraf, lalu cari kesimpulan, informasi penting, atau topik yang dibahas dalam paragraf tersebut

. Anda harus membiasakan penalaran dalam waktu singkat. Pada umumnya, beberapa sekolah menengah mengajarkan hal ini kepada siswanya.

Cara Buat Link Whatsapp Langsung Ke Chat Pribadi

Anda juga bisa belajar membaca cepat. Anda hanya perlu menyampaikan ceramah sebanyak 500-700 kata dan membacanya dengan cepat hanya dalam 5 menit. Kemudian tentukan makna dari apa yang Anda baca.

Baca Juga  Salah Satu Contoh Bahwa Indonesia Adalah Negara Hukum

Menulis informasi penting merupakan salah satu cara untuk merangkum cerita selanjutnya. Jadi, sesuai saran penulis di atas, sebaiknya Anda menulis 1 atau 2 kata penting saja dari satu paragraf.

Cobalah untuk meminimalkan informasi penting sebanyak mungkin. Anda dapat menghapus beberapa konjungsi yang dirasa kurang efektif, atau meringkasnya menjadi kalimat yang lebih efektif.

, kita pasti akan bertemu! Dalam satu paragraf biasanya terdapat 1 atau 2 kalimat, atau bahkan kalimat tertentu yang menjadi dasar pembuatan paragraf tersebut.

Jumlah Huruf Hijaiyah Adalah? Pahami Sistem Penulisan, Cara Dan Tanda Baca

Langkah selanjutnya adalah merangkum berbagai informasi penting yang Anda terima ke dalam sebuah kalimat baru. Seperti langkah di atas, Anda dapat menggunakan beberapa kalimat sederhana untuk menulis ringkasan ini.

, dalam 10 paragraf perkuliahan, ringkasan akhir hanya 10 kalimat, yang dapat Anda susun dalam dua paragraf.

Cobalah untuk membuatnya seefisien mungkin. Gunakan sesedikit mungkin kata sambung dan kalimat yang mudah dimengerti. Aku benar-benar akan merindukannya! Saat menulis judul, usahakan menulisnya secara keseluruhan

Cara terakhir untuk meringkas cerita adalah dengan memeriksa ulang. Langkah terakhir ini bisa Anda lakukan sendiri jika sedang mengikuti ujian atau UTBK yang berbeda

Apa Itu Mikrotik? Fungsi, Jenis, Manfaat & Cara Setting

Pada umumnya soal pilihan ganda jarang meminta Anda untuk merangkumnya, mungkin hanya 1-3 soal. Sementara itu, tantangan ringkasan sering kali Anda temukan dalam berbagai soal esai.

. Nah, disinilah Anda perlu bekerja sedikit lebih keras untuk memperhatikan tanda baca, kapitalisasi, paragraf bahkan kata-kata yang Anda tulis.

Ini adalah beberapa cara cepat dan mudah untuk meringkas. Anda juga dapat mulai menggunakannya dalam berbagai ringkasan ujian sekolah

Selain mempelajari materi dengan baik, rangkuman juga membantu Anda melatih daya ingat menjadi lebih baik lagi. Tak hanya itu saja, rangkumannya bisa kamu baca sambil menunggu ujian atau saat piknik sekolah nih Guys, Hayo siapa yang sering susah mengingatnya? Atau pernahkah Anda mengalami ujian sejarah dan sosiologi sekaligus dalam satu hari? Dimana 2 sampai 3 topik yang dipelajari sama-sama dihafal. Jangan lupa membaca artikel Cara Menghafal Pelajaran dengan Cepat.

Cara Mudah Membuat Mind Mapping, Hanya 6 Langkah!

Anda pasti tidak sempat belajar atau menghafal, Anda sudah menyerah. Jika Anda sedang mengalami hal tersebut, yuk mulai ubah kebiasaan ini

Kali ini saya akan berbagi dengan Anda beberapa langkah sederhana untuk menghafal berbagai materi yang sudah banyak ditulis. Dalam arti apa? Tentu saja dirangkum. Oh ya, rekap kali ini tidak akan membosankan

Baca Juga  Cara Menjaga Keutuhan Nkri Sebagai Pelajar

Bahkan mungkin akan ketagihan dengan rekapnya, hehehe. Oke, mari kita langsung melakukannya! Di bawah ini ada beberapa cara merangkum materi pelajaran sejarah dengan mudah dan aman (banyak tulisan)! Temukan!

. Anda bisa memulainya dengan membaca daftar isi terlebih dahulu. Pastikan untuk membaca sub materi yang ingin Anda bahas

Langkah Mendaftarkan Bisnis Menjadi Cv

. Setidaknya Anda bisa membuat pemetaan sederhana tentang materi apa yang akan diujikan. Jangan lupa untuk menunjukkan perkiraan batas waktu membaca

Tentu saja metode merangkum materi pelajaran sejarah tidak lepas dari kegiatan menandai kalimat-kalimat penting. Lalu apa yang perlu ditekankan? Anda dapat menyorot berbagai pernyataan penting seperti makna, tanggal kejadian, nama-nama penting dan seringkali teori-teori yang sering muncul

. Mungkin ungu untuk pengertian, kuning untuk kurma, hijau untuk nama raja dan berbagai variasi lainnya. Oh iya, kegiatan ini bisa kamu lakukan sambil membaca setiap bab materinya

. Mulai dari membuat mind map, menggunakan peta konsep, hingga membuat catatan seperti biasa dengan berbagai font yang menarik agar tidak membosankan.

Tapak Jejak Menguasai Hubungan Intrapersonal Dan Interpersonal By Ditmawaipb

Anda bisa menggunakan kertas A3 jika ingin membuat catatan dengan metode mind map, atau menggunakan buku catatan biasa

. Kuncinya adalah bisa kembali mencatat dengan rapi, yang secara tidak langsung akan membuat Anda semakin bersemangat untuk belajar.

Tentunya Anda sering menjumpai berbagai kronologi kejadian di buku sejarah. Misalnya kronologi jatuhnya kerajaan Majapahit, kronologi kedatangan bangsa asing di Indonesia, dan berbagai kronologi peristiwa lainnya.

. Oleh karena itu, Anda dapat membuat kronologi langsungnya menjadi lebih ringkas. Buat saja kalimat sebab akibat dengan indikator agar lebih mudah diingat!

Belajar Merangkum: Bagaimana Cara Membuat Peta Pikiran Yang Benar?

Terlepas dari berbagai kronologi peristiwa, pelajaran sejarah atau banyak kitab suci tidak lepas dari silsilah keluarga atau nama-nama tokoh penting. Untuk itu, Anda bisa kok belajar dengan membuat silsilah keluarga. Sebagai contoh saja

Tahukah anda kalau keluarga kerajaan di pulau jawa saling berhubungan satu sama lain kecuali Kerajaan Kutai.

Dari Kerajaan Tarumanegara hingga Majapahit semuanya saling berhubungan. Oleh karena itu, untuk memudahkan nama-nama raja yang biasa muncul dalam soal ujian, Anda bisa membuat silsilah keluarga sederhana

. Tentunya Anda sering menemukan hal yang berbeda-beda

Cara Membuat Kesimpulan Sesuai Kaidah Yang Baik Dan Benar

Kekuatan pikiran bawah sadar, terapi pikiran bawah sadar, keajaiban pikiran bawah sadar, pikiran alam bawah sadar, memprogram pikiran bawah sadar, mengendalikan pikiran bawah sadar, sukses dengan pikiran bawah sadar, contoh pikiran bawah sadar, pemetaan pikiran, pikiran bawah sadar, langkah langkah merangkum, langkah langkah merangkum buku