features

Di Balik Sukses Naufal Fadeel Akbar Lolos X Factor Indonesia

Satu lagi warga Kota Madiun menghiasi ajang pencarian bakat penyanyi di stasiun televisi nasional. Kali ini, Naufal Fadeel Akbar lolos X Factor Indonesia. Meski baru memasuki audisi tahap dua, setidaknya sukses itu membuktikan kualitas Naufal sebagai penyanyi berbakat.

ELIT AMINATUS SAADAH, Jawa Pos Radar Madiun

SUARA merdu Naufal Fadeel Akbar diiringi alunan piano samar terdengar dari lantai dua ruang musik rumahnya di Perumahan Bumi Mas I, Mojorejo, Taman. Malam itu, pria 29 tahun tersebut menyanyikan lagu Hard to Say I’m Sorry milik Chicago secara berulang-ulang hingga dirasa sempurna.

Hal serupa dilakukan Naufal saat menyanyikan lagu Aku Yang Tersakiti milik Judika dan How I Supposed to Live Without You-nya Michael Bolton. Berulang kali lagu tersebut dibawakannya hingga tidak ada nada yang miss dan harmoninya terdengar manis di telinga.

Tiga lagu itu pula yang mengantar Naufal lolos audisi X Factor Indonesia 2021, ajang pencarian bakat penyanyi yang digelar salah satu stasiun televisi nasional. ‘’Ketentuan audisi tahap pertama, peserta mengirim rekaman video. Sedangkan audisi tahap dua lewat Zoom. Ini sedang menunggu pengumumannya,’’ kata Naufal, Rabu (8/9).

Bakat menyanyi Naufal sudah terlihat sejak kecil. Kemampuannya semakin terasah setelah orang tua mendaftarkannya mengikuti les vokal. Pun, sang ayah mulai mendorongnya menyumbang lagu di acara pernikahan. Itu dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya dirinya tampil di depan orang banyak.

‘’Saya ini dulunya pemalu. Kalau nyanyi di depan orang banyak lebih sering menunduk dan tubuh gemetaran karena grogi,’’ kenangnya sembari menyebut saat menginjak bangku SMP sempat vakum setahun dari dunia nyanyi karena terjadi perubahan suara bersamaan memasuki masa pubertas.

Jauh sebelum menjajal ajang X Factor Indonesia, Naufal telah berhasil mencatat sejumlah prestasi. Di antaranya, juara I Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Jawa Timur. Selain itu, juara I audisi vokalis ADA Band pada 2019 lalu. Di tahun yang sama dia berhasil menjadi jawara Bintang Radio RRI Jakarta, juara III acara reality show salah satu stasiun televisi nasional, serta 10 besar Bintang Radio RRI Jogjakarta.

Suami Fika Aprilia tersebut juga sempat menyabet juara I pada Bintang Radio RRI Madiun meski kala itu sempat salah lirik. ‘’Saking takjubnya melihat antusiasme penonton dan tata panggung yang bagus, saya tidak sadar kalau salah lirik. Tahunya setelah tampil,’’ kenangnya.

Naufal memiliki kiat tersendiri menjaga kualitas suaranya, terutama saat tampil di panggung. Yakni, melakukan pemanasan sekitar satu jam sebelum acara dimulai. Selain itu, mengunyah kencur yang telah dikupas kulitnya. ‘’Supaya suaranya makin jernih,’’ sebutnya.

Meski menguasai ratusan lagu berbagai genre, Naufal paling terkesan dengan tembang daerah Minang berjudul Jaso Mandeh yang mengisahkan jasa seorang ibu yang tak terhingga bagi anak-anaknya. Hal itu tidak terlepas dari pengalamannya sejak kecil hingga kuliah yang selalu didampingi ibunya setiap mengikuti lomba nyanyi. * (isd/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button