Magetan

Dewan Minta GTPP Evaluasi Kasus Dinkop-UMKM

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Ketua DPRD Magetan Sujatno ikut terperangah atas kemunculan kasus positif Covid-19 di kegiatan dinas koperasi dan usaha mikro kecil menengah (dinkop-UMKM). Penerapan protokol kesehatan acara pelatihan rias pengantin pertengahan bulan lalu itu semestinya sangat ketat.

Sebab, pelaksananya sekelas organisasi perangkat daerah (OPD) yang dipimpin pejabat eselon II. Risiko kasus muncul terbilang kecil karena kelasnya berada di lingkaran ring satu pemkab. ‘’Segera kami mintai pertanggungjawaban GTPP (Gugus Tugas Percepatan Penanganan, Red) Covid-19,’’ katanya Rabu (2/8).

Sujatno menyampaikan, kegiatan apa pun tentu membutuhkan rekomendasi GTPP. Jangankan acaranya OPD, hajatan dan selamatan masyarakat pun diverifikasi. Sehingga, jika sampai muncul temuan di acara dinkop-UMKM, maka persiapan, pelaksanaan, dan pengawasan (P3) protokol kesehatan patut dipertanyakan. ‘’GTPP juga harus melakukan evaluasi,’’ ujarnya.

Sebelumnya, persebaran Covid-19 berada di ambang pintu ring satu pemkab. Kepala Dinkop-UMKM Parminto Budi Utomo harus di-swab test karena punya riwayat kontak erat dengan pasien positif korona.

Pasien itu menjadi narasumber acara pelatihan rias pengantin yang dihelat dinkop-UMKM di gedung Korpri 14–15 Agustus. Pemateri itu ketahuan terinfeksi dua pekan berselang.

Sujatno mendorong dinas kesehatan (dinkes) responsif melakukan pelacakan penyandang kontak erat. Uji swab diintensifkan untuk mengetahui siapa saja yang tertular. ‘’Setidaknya memberikan ketenangan terhadap masyarakat,’’ tutur politikus PDI Perjuangan (PDIP) tersebut.

Anggota Bidang Operasi GTPP Covid-19 Magetan Ari Budi Santosa menyampaikan bahwa penerapan protokol kesehatan telah berjalan. Dinkop-UMKM mengajukan masker dan kebutuhan lain untuk pelaksanaan acara di gedung Korpri itu. Akan tetapi, pihaknya kurang tahu pengawasan pelaksanaannya. Juga seketat apa pemeriksaan narasumber. ‘’Yang tahu ya dinas. Kami tidak bisa mengawasi semua, karena banyak kegiatan OPD,’’ ujarnya. (odi/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close