AdvertorialMadiun

Dewan Kebut Bahas Tiga Raperda

MADIUNJawa Pos Radar Madiun – Pembahasan raperda yang sempat tertunda karena pandemi virus korona kembali dilanjutkan. Senin (15/6) tiga raperda usulan eksekutif disampaikan nota penjelasannya oleh Wali Kota Maidi kepada DPRD dalam sebuah rapat paripurna secara daring.

Pertama, raperda perubahan atas Perda 3/2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah. Kedua, raperda penyertaan modal pemerintah daerah pada PDAM Tirta Taman Sari. Ketiga adalah raperda tentang pengarusutamaan gender. ‘’Ini terus dibahas kan. Kalau bisa secepatnya, karena menjadi pedoman agar kinerja kita berjalan ke depan,’’ kata Maidi.

Ketua DPRD Kota Madiun Andi Raya Bagus Miko Saputra mengatakan, penyampaian nota penjelasan atas tiga raperda tersebut seharusnya dijadwalkan sebelum Ramadan. Namun, karena pandemi Covid-19, penyampaian nota penjelasan baru bisa terlaksana kemarin. Sehingga pembahasan akan segera dikebut. ‘’Sekarang tugas DPRD untuk segera menyelesaikan supaya selesai tepat waktu, karena masih ada empat raperda yang belum dikerjakan sama sekali,’’ katanya.

Dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pendampingan dengan tenaga ahli. Naskah akademik raperda tersebut bakal dibedah dan dipelajari secara rinci. ‘’Diharapkan bulan ini sudah bisa selesai,’’ ujarnya.

Seperti diketahui, raperda perubahan atas Perda 3/2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah secara garis besar mengalami perubahan nomenklatur dan tipe serta memasukkan perangkat daerah. Di antaranya dinsos yang semula tipe B menjadi tipe A. Lalu, DPMPTSP dari tipe B ke C. Sedangkan urusan koperasi dan usaha mikro digabung dengan disnaker dan naik tipe dari C ke B.

Kemudian, DLH dari tipe A menjadi tipe B. Selain itu, satpol PP menjadi satpol PP dan pemadam kebakaran tipe B. Serta badan daerah dalam hal ini bakesbangpol melaksanakan urusan pemerintahan di bidang kesbangpol. (her/c1/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close