Mejayan

Dewan Desak Pemkab Madiun Terbitkan Regulasi Pilkades

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Jika dihitung berdasarkan masa jabatan ratusan kepala desa (Kades) di Kabupaten Madiun, maka pengisian kursi kosong jabatan tertinggi di pemerintah desa (pemdes) itu kurang dari dua bulan lagi. Sebab, rata-rata akan berakhir pada 2 Desember mendatang.

Karena itu, legislatif setempat mendesak segera diterbitkan regulasi pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahun ini. Pertimbangannya, waktu yang sangat mepet. Pun, mengantisipasi penurunan tingkat partisipasi masyarakat.

‘’Setelah terbit surat Mendagri (Menteri Dalam Negeri) Nomor 270/5645/SJ, mestinya pemkab segera mempersiapkan segala sesuatunya termasuk perbup (peraturan bupati, Red)-nya,’’ kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Madiun Mujono, Kamis (14/10).

Surat Mendagri tertanggal 8 Oktober 2021 itu merupakan lanjutan dari surat nomor 141/4251/SJ yang diteken 9 Agustus 2021. Surat sebelumnya menunda pilkades serentak. Sementara surat baru berisi izin pelaksanaan pesta demokrasi di tingkat desa itu. Namun, hanya untuk daerah dengan PPKM level 1, 2, dan 3. ‘’Kami mendesak perbup tentang pilkades segera diterbitkan,’’ ujarnya. (den/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button