Pacitan

Dewan Desak Kursi Direktur PD Aneka Usaha Segera Diisi

PACITAN – Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono prihatin dengan kondisi Perusahaan Daerah (PD) Aneka Usaha yang hidup segan mati pun enggan. Karena itu dia mendesak Pemkab Pacitan segera merampungkan pembenahan di tubuh perusahaan pelat merah tersebut. ‘’Time is money. Kalau terus-terusan begini hanya membuang-buang waktu,’’ katanya Kamis (20/6).

Keprihatinan itu muncul lantaran perusahaan yang digadang-gadang menjadi ladang untuk meraup pendapatan asli daerah (PAD) tersebut kini di ambang gulung tikar. Tinggal satu dari delapan unit usaha yang dikelola. Sehingga, dia pun mendesak pengisian kursi direktur PD Aneka Usaha didahulukan. ‘’Tentunya harus sesuai aturan perundang-undangan. Apakah melalui lelang atau opsi lainnya,’’ pintanya.

Selanjutnya rencana unit usaha yang akan dikembangkan dibahas. Tidak hanya di tingkat manajemen PD Aneka Usaha tapi juga Pemkab Pacitan dan DPRD. Alasannya perusahaan yang kini dipimpin pelaksana tugas (Plt) direktur tersebut alat pemerintah daerah untuk menciptakan lapangan pekerjaan, peningkatan ekonomi kerakyatan, sumber PAD dan sebagainya.  ‘’PD Aneka Usaha ini anak kita  (Pemkab dan DPRD Pacitan, Red),’’ ujarnya.

Ronny menambhakan dalam waktu dekat pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUPPAS) Induk dan Perubahan 2019 segera dimulai. Tepatnya usai pembahasan Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2018 dirampungkan. Harapannya, perekrutan direktur dan penentuan sejumlah unit usaha yang akan dikembangkan sudah diselesaikan. ‘’Supaya bisa dimasukkan dalam APBD 2020,’’ harapnya.

Jika pekerjaan rumah tersebut tidak segera diselesaikan. diperkirakan anggaran yang disiapkan hanya bisa dicairkan saat perubahan anggaran keuangan (PAK). Pun angkanya relatif kecil. Sehingga, pengisian direktur harus segera dilakukan bersamaan dengan sejumlah kegiatan lainnya. Baik audit dari akuntan publik dan kosultasi ahli. ‘’Harapannya gerakan yang dilakukan bisa secara simultan,’’ ujarnya.

Terkait unit usaha,  Ronny minta yang sudah ada saat ini disempurnakan. Salah satunya pengolahan air minum kemasan. Kualitas produk air minum kemasan Toya Pacitan (Topac) wajib ditingkatkan. Pun diikuti distribusi yang semakin luas. Sedangkan di bidang keuangan, menurut dia, sangat prospektif. Bisa membantu modal para pedagang. Selain mendapat pemasukan, PD Aneka Usaha juga bisa melepaskan para pedagang dari jerat rentenir. ‘’Bisa kerja sama dengan PLTU dan PLN. Pun bidang pariwisata dan sebagainya,’’ bebernya. (odi/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close