Madiun

Deteksi Pelanggaran Lalin dengan ’’Mata Sakti’’

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Jangan coba-coba lagi melanggar peraturan lalu lintas saat berkendara di ruas jalan Kota Madiun. Pasalnya, polisi bakal memperkuat electronic traffic law enforcement (ETLE) dengan integrated node capture attitude record (INCAR).

”Ini (INCAR, Red) peralatan khusus yang dibuat Ditlantas Polda Jatim untuk melaksanakan penindakan pelanggaran secara mobile,’’ kata Wadirlantas Polda Jatim AKBP Didit Bambang Wibowo saat mengenalkan INCAR di Gedung Bhara Mahkota Polres Madiun Kota Senin (22/6).

Melalui INCAR, kata Didit, jumlah penindakan pelanggaran lalu lintas bisa meningkat hingga tiga kali lipat dibanding penindakan secara konvensional oleh tenaga manusia. INCAR dirancang untuk membantu tugas polisi mengidentifikasi dan mendeteksi beberapa parameter object detection dan memprosesnya menggunakan artificial inteligent (AI). ‘’Targetnya 1 Juli nanti kendaraan yang dilengkapi INCAR sudah bisa dioperasikan,’’ tuturnya.

Didit menyebut, INCAR mampu mengukur kecepatan kendaraan dan mendeteksi pelanggaran rambu, termasuk melawan arus. ‘’Bahkan, jika ada kendaraan bermotor yang hilang, lalu datanya kita integrasikan dengan data regident-nya akan muncul di situ,’’ terangnya. (irs/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button