Pacitan

Destinasi Wisata Gua di Pacitan Rencana Dibuka

Prasimulasi Diawali Minggu Pertama September

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Pemkab terus berusaha memulihkan sektor pariwisata. Minggu (23/8) mereka menyatakan akan membuka kembali destinasi wisata Gua Gong, Gua Tabuhan, dan pemandian banyu anget mulai bulan depan. ‘’Tapi, masih sebatas prasimulasi,’’ kata Kepala Disparpora Pacitan T. Andi Faliandra.

Wacana itu sudah mantap dilakukan. Setelah sebelumnya disparpora melakukan studi banding ke Gua Maharani di Lamongan. Di sana mereka melihat penerapan protokol kesehatan di era adaptasi kebiasaan baru. ‘’Minggu pertama September finalisasi prasimulasinya,’’ ujar mantan staf ahli bupati bidang pembangunan, ekonomi, dan keuangan itu.

Andi mengaku konsep prasimulasi sudah dibuat. Semisal, setiap pergatian pengunjung dalam satu kelompok akan dilakukan sterilisasi oleh petugas. ‘’Setelah itu pengunjung berikutnya baru boleh masuk. Jumlahnya dibatasi,’’ terangnya.

Durasi selama di dalam gua juga diatur. Setiap kelompok maksimal hanya diberi waktu 20 menit. ‘’Karena kami tidak ingin ada penumpukan wisatawan di tempat tunggu. Nanti akan ada petugas yang berjaga untuk mengatur volume pengunjung,’’ jelas Andi. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close