News

Destinasi Adalah

×

Destinasi Adalah

Share this article

Destinasi Adalah – Hei… hei, kali ini aku mau share tentang pengertian destinasi dari sudut pandang akademik bukan dari segi praktisnya ya? Karena terdapat perbedaan pengertian destinasi wisata yang beredar di masyarakat Indonesia dengan yang terdapat dalam berbagai teks akademik seperti buku teks dan jurnal internasional.

Ada dua kata/frasa yang saya sebutkan dalam pembahasan ini, tujuan dan tujuan. Jadi jika saya menyebutnya sebagai tujuan, itu berarti tujuan. Ok, jika Anda mengerti, mari kita lanjutkan!

Destinasi Adalah

Definisi tujuan perjalanan secara tradisional disebut sebagai wilayah geografis, seperti negara, pulau atau kota. (Burkart dan Medlik, 1974; Davidson dan Maitland, 1997; Hall, 2000). Di sisi lain, Tuohino & Konu (2014) menyatakan bahwa pengertian destinasi adalah wilayah geografis, sebagai tempat yang dapat menarik wisatawan untuk tinggal sementara, terdiri dari produk wisata yang berbeda, sehingga memerlukan prasyarat yang berbeda untuk realisasinya. Sedangkan menurut Kim & Brown (2012), produk pariwisata itu sendiri merupakan sekumpulan atraksi, fasilitas dan pelayanan bagi wisatawan.

Destinasi Adalah: Beginilah Menurut Pandangan Para Ahli

) terdiri dari fasilitas dan layanan pariwisata yang berbeda, yang, seperti produk layanan lainnya, terdiri dari atribut multidimensi yang bersama-sama menentukan daya tariknya bagi orang-orang tertentu dalam situasi pilihan tertentu.

Destinasi juga dianggap sebagai kombinasi dari produk, layanan, dan pengalaman lokal (Buhalis, 2000; Cooper).

, 1998) atau sebagai unit aksi di mana berbagai aktor, seperti sektor swasta dan lembaga publik, berinteraksi (Saraniemi & Kylänen, 2011; Bregoli & Del Chiappa, 2013; Tuohino & Konu (2014).

Dari perspektif manajemen pemasaran (Kotler et al., 1999), destinasi dianggap sebagai produk umum, dan oleh karena itu diperlukan serangkaian fasilitas dan layanan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan wisatawan (Cooper et al., 2005; Saraniemi dan Kylänen , 2011). ; Tuohino & Conu (2014).

Destinasi Tempat Wisata Di Pangalengan Bisa Dikunjungi Ketika Liburan, Salah Satunya Nimo Highland

Dalam Butler (2015); Broder et al (2016); Enright & Newton (2004); Pavlovich (2003); Tama (2002); Piciocchi et al (2013); Tarrius (1993); Manente & Cerato, (2000); Iandolo et al (2019), destinasi adalah tempat umum (

) yang menawarkan kesempatan untuk menggunakan berbagai atraksi dan layanan untuk subjek yang terlibat dalam hubungan migrasi di wilayah tersebut.

Sedangkan definisi destinasi menurut UNWTO (2007) adalah ruang fisik dengan batas-batas fisik dan administratif yang meliputi percampuran (mix) layanan, produk dan atraksi. UNWTO (2007) juga menyatakan bahwa daya tarik dan pengalaman suatu destinasi dapat dibentuk oleh berbagai elemen, seperti atraksi, fasilitas, aksesibilitas, sumber daya manusia, citra dan harga (Tuohino & Konu, 2014).

Baca Juga  Upaya Dalam Menciptakan Persatuan Ras

Hidayah (2021) dalam bukunya Marketing of Sustainable Tourism Destinations in the Digital Age mengemukakan batasan suatu tempat yang dapat dimaknai sebagai destinasi jika memiliki komponen kegiatan wisata (atraksi wisata, sarana penunjang wisata, infrastruktur atau infrastruktur) yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu yang memiliki batas administrasi, seperti negara, kabupaten/kota, kecamatan, kota, dll., atau yang tidak memiliki batas administrasi atau administrasi, seperti kawasan wisata.

Spot Surga Tersembunyi Dan Ide Wisata Di 10 Destinasi Pariwisata Prioritas

Dari definisi dan penjelasan para ahli tersebut, saya menyimpulkan bahwa destinasi adalah wilayah geografis (misalnya negara, kabupaten/kota pulau, kecamatan, kota, desa atau kawasan wisata) dengan daya tarik (misalnya daya tarik wisata, fasilitas). , aksesibilitas, sumber daya manusia, citra dan harga) bagi orang atau kelompok untuk mengunjungi dan tinggal sementara dalam perjalanan yang dikenal dengan migrasi regional. Jadi konsep yang disebut daerah tujuan dikembangkan (

Lantas bagaimana dengan tempat wisata seperti Farm House di Lembang, Rumah Mode di kota Bandung, Dufan di Jakarta (ini bukan iklan, hanya contoh!!), bisa disebut destinasi sebagai konsep akademik? Tentunya merujuk pada penjelasan sebelumnya, tempat-tempat tersebut tidak bisa disebut sebagai destinasi wisata, karena wisatawan tidak bisa tinggal sementara. Jadi lebih tepatnya tempat-tempat tersebut adalah tempat-tempat yang menawarkan tempat wisata (

Yang dapat dijadikan sebagai daya tarik suatu destinasi, selain komponen produk wisata lainnya, seperti fasilitas, aksesibilitas, dan lain-lain.

Jadi, jika menyebut tempat wisata yang saya tampilkan di atas sebagai tujuan wisata, menurut saya kurang tepat. Apalagi kalau tempat-tempat tersebut hanya untuk berfoto selfie atau “

Destinasi Yang Harus Segera Anda Kunjungi Sebelum Orang Lain Mengetahuinya

, lalu disebut tujuan digital? Saya pikir itu bahkan lebih akurat. Nah, lain kali saya akan membahas apa itu digital destination secara akademis, lol….

Hidayah, Nurdin (2021). Tujuan Pemasaran Berkelanjutan di Era Digital: Targeting, Positioning, Branding, Sales, Marketing Mix, Internet Marketing. Jakarta: Karya Cendekiawan Perpustakaan

Mengelola tujuan sebagai sistem kompleks yang layak. Kasus Taman Arbatax. Kebijakan Pertanian, 84, 21–30.

. Prosiding Forum Layanan Naples 2013. Dalam: Gummesson, E., Mele, C., Polese, F. (Eds.), Logika Dominan Layanan, Teori Jaringan dan Sistem dan Ilmu Layanan: Mengintegrasikan Tiga Perspektif untuk Agenda Layanan Baru. Ischia, 18-21 Juni 2013 Dari 10 program Bali baru yang dicanangkan pemerintah, terdapat lima destinasi wisata prioritas. Ini ulasannya.

Jelang Dibuka, Destinasi Wisata Di Sleman Harus Memenuhi Syarat

Terpilihnya Wishnutama sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mengejutkan warganet. Sebagai Menparekraf baru, pekerjaan rumah tangga (PR) utama Wishnutama adalah mengembangkan destinasi wisata prioritas yang belum sepenuhnya selesai pada pemerintahan sebelumnya.

Baca Juga  Sebutkan Nilai Kapasitas Kapasitor Di Bawah Ini

Ada lima destinasi wisata prioritas yang disaring dari 10 program Bali baru yang dicanangkan pemerintah. Presiden Joko Widodo menargetkan pengembangan destinasi prioritas yang akan selesai pada 2020. Di bawah ini adalah ulasan tentang lima tujuan wisata teratas.

Mandalika merupakan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata (KEK) yang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah No. 52 Tahun 2014. Dengan luas 1.036 Ha, Mandalika menjadi andalan pariwisata di provinsi NTB. Potensi wisata Mandalika sangat menjanjikan, mulai dari pesona pantai hingga pemandangan bawah lautnya yang menakjubkan. Mandalika juga memiliki lintasan balap MotoGP yang akan digunakan untuk Kejuaraan Balap Motor Internasional 2021.

Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di Indonesia dan dunia yang terbentuk akibat letusan supermasif Gunung Toba jutaan tahun yang lalu. Danau Toba terletak di kaldera Gunung Toba, di tengah provinsi Sumatera Utara. Danau Toba memiliki ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, panjang 100 km, lebar 30 km, dan kedalaman 1600 m.

Tipologi Destinasi Wisata

Likupang terletak di Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Likupang merupakan kawasan pesisir dengan pemandangan alam yang sangat indah, salah satunya adalah Pantai Pall yang membentang sepanjang 500 meter. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat halus, menghadap ke air laut yang berwarna biru cerah. Pengembangan Likupang akan difokuskan pada peningkatan kapasitas bandara, tol, dan akses jalan agar menjadi destinasi pilihan.

Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar di dunia yang terletak di kota Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur menjadi bagian sejarah penting bangsa Indonesia pada masa Kerajaan Hindu-Buddha, tak heran jika bangunan peninggalan ini telah dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Candi Borobudur Masehi Dibangun pada tahun 800 dan masih digunakan sebagai tempat ibadah umat Buddha Indonesia.

Terletak di Flores, Provinsi NTT, Labuan Bajo menawarkan pemandangan lanskap alam dan garis pantai yang menakjubkan. Labuan Bajo bukan satu-satunya di Flores, masih banyak lagi yang tak kalah indahnya di NTT. Beberapa di antaranya adalah Pulau Komodo, rumah bagi komodo, binatang purba raksasa asli Indonesia.

Tertarik mengunjungi destinasi wisata unggulan? Jangan khawatir, dengan adanya Marketplace, liburan ke destinasi wisata impian bukan hanya angan-angan belaka. Ratusan produk wisata tersedia dari operator tur populer di Indonesia. Transaksi aman tanpa perantara dengan fitur rekening bersama. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi laman Marketplace Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, destinasi berarti tempat yang dikunjungi atau diutus. Jika kata ini merujuk pada kegiatan perjalanan, maka destinasi memiliki arti tujuan wisata. Secara umum, destinasi lebih banyak dikaitkan dengan destinasi wisata. Destinasi wisata memiliki arti suatu tempat yang akan digunakan seseorang sebagai tujuan untuk menghabiskan waktu sambil menikmati keindahannya.

Baca Juga  Dukungan Pemerintah Merupakan Dalam Membangun Usaha

Destinasi Wisata Super Prioritas Indonesia, Pr Besar Kemenparekraf

Definisi destinasi menurut Tuohino dan Konu (2014) menyatakan bahwa destinasi adalah wilayah geografis, sebagai tempat yang dapat menarik wisatawan untuk tinggal sementara, terdiri dari berbagai produk wisata yang memerlukan prasyarat berbeda untuk melakukannya. Sedangkan menurut Kim dan Brown (2012), produk pariwisata itu sendiri merupakan sekumpulan atraksi, fasilitas dan pelayanan bagi wisatawan.

Sedangkan menurut UNWTO (2007), pengertian destinasi adalah ruang fisik dengan batas-batas fisik dan administratif yang meliputi perpaduan (mix) layanan, produk dan atraksi. UNWTO (2007) juga menyatakan bahwa daya tarik dan pengalaman suatu destinasi dapat dibentuk oleh berbagai elemen seperti daya tarik, fasilitas, aksesibilitas, sumber daya manusia, citra dan harga.

Destinasi adalah tempat umum yang menawarkan peluang untuk mengeksploitasi berbagai atraksi dan layanan kepada subjek yang terlibat dalam migrasi regional.

Destinasi juga dianggap sebagai kombinasi produk, layanan, dan pengalaman lokal (Buhalis, 2000 Cooper et al 1998) atau sebagai unit tindakan di mana berbagai aktor seperti sektor swasta dan lembaga publik berinteraksi.

Destinasi Wisata Seru Di Bandung, Cocok Dijelajahi Ala Road Trip

Destinasi dianggap sebagai produk umum, oleh karena itu diperlukan aglomerasi fasilitas dan layanan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

Berdasarkan definisi dan penjelasan tersebut, para ahli menyimpulkan bahwa destinasi adalah wilayah geografis yang menarik bagi individu atau kelompok untuk dikunjungi dan tinggal sementara selama perjalanan. Alam yang indah, tradisi budaya dan ide kreatif menjadi modal dasar membangun Wisata. Ternyata banyak daerah di Indonesia yang dikaruniai Yang Maha Kuasa dengan keindahan alam. Misalnya berada di puncak gunung dengan pemandangan hijau yang asri dan berada di pesisir pantai dengan hamparan lautan pasir putih.

Selain itu, dalam hal seni budaya, banyak daerah di Indonesia yang memiliki seni budaya tradisional yang sangat kental. Sebuah seni budaya yang masih asli dan mampu membuat wisatawan jatuh hati. Di wilayah Yogyakarta yang unik, banyak desa yang masih kokoh berdiri

Destinasi singapura, destinasi jepang, destinasi kuta, destinasi, destinasi bandung, destinasi kyoto, destinasi hongkong, destinasi banyuwangi, destinasi singapore, destinasi bangkok, destinasi pariwisata adalah, destinasi wisata adalah