AdvertorialNgawi

Desak Dindik Cari Opsi selain DAK

KONDISI SDN 3 Gemarang, Kedunggalar, mengundang keprihatinan kalangan wakil rakyat. Pun, mereka mendesak dinas pendidikan (dindik) segera melakukan upaya perbaikan. ‘’Kondisinya sangat tidak layak,’’ kata Ketua Komisi II DPRD Ngawi Siswanto usai mengecek langsung sekolah tersebut bersama anggotanya Jumat (13/3).

Siswanto mengaku kaget saat mengetahui langsung kondisi fisik SDN 3 Gemarang. Enam ruang kelas yang ada hampir semuanya dalam kondisi tidak layak untuk kegiatan belajar-mengajar. Dia juga prihatin adanya belasan siswa yang harus belajar di gudang. ‘’Tidak perlu ada dalih lagi, harus segera diperbaiki,’’ tegasnya.

Dia meminta pemkab tidak hanya mengandalkan dana alokasi khusus (DAK) untuk melakukan perbaikan bangunan ruang kelas SDN 3 Gemarang. Sebab, bantuan yang diterima sekolah tersebut tahun ini hanya untuk pembangunan gedung perpustakaan. ‘’Kami akan mendesak dindik mencari opsi lain (selain DAK),’’ ujar Siswanto.

Di sisi lain, pihaknya memberikan acungan jempol kepada siswa SDN 3 Gemarang yang tetap semangat mengikuti kegiatan belajar-mengajar di tengah kondisi serba terbatas. ‘’Ini jadi PR (pekerjaan rumah, Red) bersama, khususnya kami di komisi II dan dindik sebagai leading sector serta pemegang kebijakan terkait pendidikan,’’ urainya.

Ditanya kondisi sekolah lain, Siswanto mengaku belum mengetahuinya. Namun, pihaknya bakal mengecek langsung jika ada laporan soal sekolah rusak yang belum tersentuh perbaikan. Di luar itu, pihaknya meminta dindik lebih teliti dan selektif dalam memberikan bantuan rehab sekolah. ‘’Kondisi di SDN 3 Gemarang itu potret bahwa memang masih ada sekolah di Ngawi yang kondisinya jauh dari kata layak,’’ ungkapnya. (tif/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button