Ngawi

Desa Lemot Serap DD Tahap Ketiga

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Serapan dana desa (DD) pada tahap ketiga tahun ini berjalan lemot. Sampai dengan Minggu (3/11), belum ada satu kecamatan yang menyerap dana tranfer dari pusat tersebut.

Kondisi itu dikeluhkan oleh Badan Keuangan (BK). Pasalnya, sisa waktu penyerapan kurang dari dua bulan. ‘’Paling lambat tanggal 22 Desember nanti pencairannya,’’ kata Kepala BK Ngawi Bambang Supriyadi.

Pihaknya sudah mendorong agar seluruh desa segera mengajukan penyerapan DD itu sejak pekan lalu. Tapi, baru beberapa desa saja yang sudah mencairkannya. ‘’Selama ini belum pernah ada DD yang tidak terserap, makanya jangan sampai terlambat untuk tahun ini,’’ terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Ngawi Kabul Tunggul Winarno tak menampik baru beberapa pemeritah desa (pemdes) yang mengajukan pencairan DD tahap ketiga. ‘’Memang baru ditransfer kan dari pemerintah pusat, untuk DD tahap ketiga,’’ katanya.

Untuk mempercepat progres penyerapan dana tersebut, lanjut Kabul, rencananya hari ini bakal dibahas soal kesiapan pemdes untuk pencairan DD tahap ketiga itu. ‘’Kami masih optimistis bisa menyerap semua dengan sisa waktu yang sekarang,’’ ujarnya. (tif/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button