Magetan

Desa di Magetan Sedot DD Rp 137 Miliar

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Pembangunan di desa-desa menggeliat sepanjang tahun ini. Setidaknya itu terlihat dari pencairan tahap satu dan dua dana desa (DD) yang telah seratus persen klir. DD yang telah dicairkan mencapai Rp 137 miliar atau 80 persen dari total DD senilai Rp 171 miliar. ‘’Tahap satu dan dua sudah cair, termasuk BLT DD (bantuan langsung tunai dana desa, Red),’’ kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Magetan Eko Muryanto.

Total 196 desa Di Magetan yang digolongkan sebagai desa reguler dan 11 desa termasuk mandiri. Aturan main pencairan DD untuk desa reguler dan desa mandiri berbeda. Untuk desa reguler, pencairan tahap satu dan dua dibatasi masing-masing 40 persen. Lalu, tahap tiga 20 persen. ‘’Sedangkan desa mandiri, tahap pertama 60 persen dan kedua 40 persen,’’ bebernya.

Dari Rp 171 miliar, DD yang sudah dicairkan mencapai Rp 137 miliar. Tersisa Rp 34 miliar untuk dicairkan pemerintah desa (pemdes). ‘’Diperkirakan dapat dicairkan September,’’ kata Eko. (mg5/c1/naz/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button