News

Delegasi Thailand Yang Mendatangi Deklarasi Bangkok Yaitu

×

Delegasi Thailand Yang Mendatangi Deklarasi Bangkok Yaitu

Share this article

Delegasi Thailand Yang Mendatangi Deklarasi Bangkok Yaitu – Isi Deklarasi Bangkok 8 Agustus 1967 ditandatangani oleh 5 orang wakil dari Indonesia, Filipina, Singapura, Thailand dan Malaysia. Kelima tokoh tersebut mewakili pemerintahan negaranya.

Deklarasi Bangkok menjadi dasar berdirinya organisasi regional di kawasan Asia Tenggara yang disebut Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).

Delegasi Thailand Yang Mendatangi Deklarasi Bangkok Yaitu

ASEAN diciptakan untuk menyatukan beragam perbedaan yang ada di negara-negara Asia Tenggara. Lebih lanjut, ASEAN diciptakan dengan tujuan utama untuk meningkatkan stabilitas ekonomi, sosial, budaya, perdamaian dan kesempatan untuk menangani konflik antar anggotanya melalui dialog.

Soal Pas Ips Online Exercise For

Pada awal pembentukannya, anggota ASEAN hanya ada 5 orang, yaitu Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Oleh karena itu, 5 negara di atas bisa disebut sebagai pendiri ASEAN.

Dan keanggotaan organisasi ini terus bertambah hingga saat ini dan terdapat penambahan anggota antara lain Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja.

Pada awal tahun 2022, jumlah anggota ASEAN akan melebihi 10 negara. Baru-baru ini, Timor-Leste mengajukan permohonan menjadi anggota ASEAN pada tahun 2011. Namun hingga saat ini belum ada kepastian keanggotaan Timor-Leste di ASEAN.

Sejarah Deklarasi Bangkok tidak lepas dari sejarah berdirinya ASEAN, karena deklarasi tersebut menandai lahirnya organisasi Asia Tenggara ini.

Soal Tema 1

Sejarah berdirinya ASEAN terinspirasi dari konflik dua negara adidaya yaitu Amerika Serikat dan Uni Soviet pasca Perang Dunia Kedua.

Kedua negara ini telah terlibat dalam Perang Dingin selama bertahun-tahun, sejak tahun 1947. Unduh ASEAN: At a Glance Edisi 20

Misalnya saja perang saudara yang terjadi di Vietnam. Secara tidak langsung, Perang Vietnam merupakan perang kepentingan antara Blok Timur (Uni Soviet) dan Blok Barat (Amerika Serikat).

Baca Juga  Masa Pubertas Pada Laki-laki Dan Perempuan Ditandai Dengan Berfungsinya

Berbagai situasi seperti contoh di atas tentu dapat mengganggu stabilitas dan keamanan negara-negara Asia Tenggara. Oleh karena itu, perlu adanya suatu organisasi atau organisasi yang berperan sebagai wadah yang bertujuan untuk melindungi, membela dan mempersatukan negara-negara Asia Tenggara.

Negara Yang Menandatangani Deklarasi Bangkok

Sebelum ASEAN, Asia Tenggara mempunyai banyak organisasi serupa. Misalnya SEATO (Southeast Asian Treaty Organization) pada tahun 1954, Southeast Asian Association (ASA) pada tahun 1961, dan Malaysia-Filipina-Indonesia (Maphilindo) pada tahun 1963.

Namun ketiga organisasi ini gagal memberikan dampak nyata di negara-negara Asia Tenggara. Faktanya, hal ini disebabkan oleh banyaknya perbedaan kepentingan dan pendapat masyarakatnya. Negara-negara Asia Tenggara memiliki beberapa perbedaan antara lain budaya, agama, asal usul, kepercayaan, ekonomi, dan lain sebagainya.

Dan dalam perkembangannya nampaknya perlu dibentuk suatu organisasi di lingkungan Asia Tenggara. Hal ini merupakan upaya besar untuk menghindari pengaruh Barat dan Timur selama Perang Dingin. Banyak negara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura dan Filipina telah membuat kesepakatan untuk menjembatani perbedaan dengan membangun hubungan yang stabil.

Pada tanggal 8 Agustus 1967, perwakilan dari 5 negara sepakat untuk menandatangani Deklarasi Bangkok setelah membahas rencana pembentukan organisasi regional di kawasan Asia Tenggara. Deklarasi Bangkok kemudian menjadi dasar berdirinya ASEAN.

Negara Pendiri Asean, Kamu Sudah Tahu?

Penandatanganan Deklarasi Bangkok menandai berdirinya ASEAN secara formal dan memenuhi misi Satu Visi, Satu Identitas, Satu Komunitas.

Negara yang menandatangani deklarasi bangkok, deklarasi bangkok ditandatangani tanggal, bangkok thailand, menandatangani deklarasi bangkok, menteri luar negeri thailand yang menandatangani deklarasi bangkok, kapan deklarasi bangkok ditandatangani, deklarasi bangkok, tokoh yang menandatangani deklarasi bangkok, tujuan deklarasi bangkok, kapan deklarasi bangkok, yang menandatangani deklarasi bangkok, negara deklarasi bangkok