Pacitan

Delapan Desa di Pacitan Masuk Zona Merah

Hasil RDT Pasien Ke-14 Sempat Diketahui Nonreaktif

PACITANJawa Pos Radar Pacitan – Penderita Covid-19 di Kota 1.001 Gua terus bertambah. Sabtu lalu (30/5) Bupati Indartato mengumumkan tambahan satu kasus positif korona.

Dalam keterangannya saat itu, Indartato mengatakan bahwa pasien ke-14 tersebut merupakan warga Desa Ploso, Kecamatan Punung. Usianya masih remaja, belasan tahun. Jenis kelaminnya laki-laki. Masuk dalam klaster Temboro. ‘’Kita ikut prihatin. Dari 31 swab yang dikirim beberapa waktu lalu ada penambahan positif baru,’’ katanya.

Kepala daerah dua periode itu menambahkan, belum semua hasil swab test tersebut keluar. Dari 31 spesimen yang dikirim, baru 29 sampel yang dapat diketahui hasilnya. Sembilan spesimen di antaranya dinyatakan positif Covid-19. Termasuk delapan sampel pasien positif korona yang saat ini masih menjalani perawatan. ‘’Ini artinya jumlah kecamatan dan desa zona merah kita ikut bertambah menjadi tujuh kecamatan dan delapan desa,’’ terangnya.

Melihat bertambahnya kasus positif Covid-19 tersebut, Indartato kembali meminta masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan secara ketat agar tidak ikut terpapar virus. ‘’Kami harapkan kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan agar (kasus positif) Covid-19 tidak kembali bertambah di Pacitan,’’ tuturnya.

Juru Bicara Satuan Gugus Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Pacitan Rahmad Dwiyanto tak menampik bahwa sebelum dinyatakan positif korona, hasil rapid diagnostic test (RDT) pasien ke-14 tersebut sempat diketahui nonreaktif. Namun, pihaknya tetap menindaklanjuti hasil itu dengan tes polymerase chain reaction (PCR). ‘’Untungnya sejak pulang (dari Temboro) lalu, pasien melakukan karantina mandiri di rumah. Terlebih keluarga pasien ada yang menjadi tenaga kesehatan. Jadi, paham bahaya penyakit tersebut,’’ jelas Rahmad yang juga menjabat kepala diskominfo itu. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close