Pacitan

DBD Mewabah, Wilayah Pacitan Di-Fogging

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Pemkab bertindak cepat. Menyusul mewabahnya demam berdarah dengue (DBD) di wilayah Kecamatan Pacitan, dinas kesehatan (dinkes) setempat melakukan fogging di permukiman penduduk yang ditengarai endemis nyamuk Aedes aegypti.

Kadinkes Eko Budiono mengatakan, permintaan fogging tidak serta merta dipenuhi. Melainkan harus memenuhi beberapa syarat. Di antaranya, ada penderita positif DBD dan populasi nyamuk tinggi. Meski begitu, dia menyebut pengasapan bukan upaya satu-satunya mencegah DBD. ‘’Yang lebih efektif adalah PSN (pemberantasan sarang nyamuk, Red),’’ ujarnya Selasa (25/2).

Eko mengimbau warga membersihkan wadah yang berpotensi terisi air dan tidak menggantung pakaian karena berpotensi menjadi sarang nyamuk. Pun, jenis serangga tersebut dapat terbang hingga radius 200 meter. ‘’Makanya itu, jika ada yang positif DBD di satu titik, PSN juga harus dilakukan di lingkungan sekitarnya,’’ terangnya.

Eko menambahkan, pengasapan dilakukaan oleh petugas yang terlatih. Pun, lantaran di dalamnya terdapat racun serangga, mereka terus dalam pantauan. ‘’Jika kadar zat beracun dalam tubuh tinggi, mereka tidak boleh melakukan fogging, bisa membahayakan diri sendiri,’’ pungkasnya. (mg2/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close