Magetan

Data Ulang 70 Benda Cagar Budaya

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Nguntoronadi menyimpan banyak peninggalan purbakala. Petirtaan Dewi Sri di Desa Simbatan, kecamatan tersebut, menjadi salah satu titik ditemukannya sejumlah benda cagar budaya (BCB). Itu pula yang mengundang Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan kembali turun gunung ke Magetan. ‘’Beberapa temuan didata ulang,’’ kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Joko Trihono, Rabu (28/4).

Para peneliti BPCB Trowulan turun ke Magetan pada Senin lalu (26/4). Mereka mendata ulang 70 BCB. Mayoritas peninggalan purbakala itu ditemukan di Nguntoronadi. Juga berasal dari Panekan, Plaosan, Lembeyan, dan Maospati. ‘’Total 160 situs dan BCB tercatat,’’ ujarnya.

Pendataan ulang perlu untuk memastikan berbagai peninggalan sejarah itu dalam kondisi baik. Sebab, BCB butuh perawatan khusus. Persoalannya, pemkab tak punya sarana-prasarana mumpuni untuk menyimpan. ‘’Kami berharap BPCB dapat mengambil alih perawatan BCB yang kurang terpelihara dengan baik. Karena pada dasarnya BCB dikuasai negara,’’ terang Joko. (fat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button