Magetan

Darurat Pelebaran Jalan Barat

Camat Sampaikan Usulan ke DPUPR

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Pelebaran Jalan Raya Barat, Magetan, ditunggu-tunggu masyarakat. Arus lalu lintas dari Tugu Barat menuju Pasar Mangge semakin crowded (padat). Banyak kendaraan berjubel di ruas itu ketika akhir pekan dan menjelang Lebaran. ‘’Macet total,’’ kata Suwondo, salah seorang warga setempat, Senin (24/2).

Suwondo menyebut, pemkab sudah melebarkan dua ruas jalan. Selain kawasan perlintasan kereta api Barat sampai Kelurahan Tebon, juga Pasar Mangge ke utara menuju SDN Mangge. Dia berharap ruas Tugu Barat ke Pasar Mangge sebagai proyek lanjutan. Dilebarkan satu meter pada masing-masing sisinya. Ketika momen ramai, sebagian badan jalan difungsikan sebagai tempat parkir. Sehingga, akses melintas kendaraan menjadi lebih sempit. ‘’Karena kantong parkir sudah overload,’’ ujarnya.

Camat Barat Yok Sujarwadi menyatakan, rencana melebarkan jalan masuk dalam usulan yang disampaikan ke dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (DPUPR). Hasil menampung suara para pedagang. Usulan itu dirasa tepat karena pertumbuhan ekonomi di Barat cukup menjanjikan. ‘’Sehingga banyak sekali pengguna jalan yang lewat. Pada hari biasa saja sudah ramai,’’ tuturnya.

Pasar Mangge bukan hanya menjadi jujukan warga Magetan. Melainkan juga Ngawi dan Madiun. Sehingga, lalu lintas di kawasan pertigaan Tugu Barat menjadi padat. Karena jalan belum lebar, lalu lintas menjadi crowded. Yok memperoleh informasi ada seribu kendaraan melintas setiap harinya. ‘’Jalurnya kan belum bisa dipecah. Kebanyakan masih lewat jalan raya ketimbang jalan Kelurahan Tebon,’’ ujarnya. (fat/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close