Madiun

Dari Musisi Hardcore, Doni Trianto Kini Sukses Jadi Perupa

Punya Klien dari Sejumlah Negara Eropa

Hobi jika ditekuni bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah yang menjanjikan. Itu pula yang dirasakan Doni Trianto. Lewat kemampuannya menggambar, karya pria itu sudah terbang hingga Jerman dan Italia.

======================

Asep Syaeful Bachri, Madiun, Jawa Pos Radar Madiun

PAGI itu, warung angkringan di Jalan Pangliman Sudirman itu mulai ramai dikunjungi pelanggan. Beberapa di antaranya datang berombongan dengan teman sebaya. Sembari menunggu menu pesanan disajikan, mereka duduk-duduk santai sambil ngobrol ringan.

Sementara, di salah satu meja, Doni Trianto sedang asyik menggambar. Dengan telaten pensil di tangannya disapukan ke kertas gambar yang tak seberapa lebar. ‘’Saya sedang menyelesaikan pesanan artwork untuk band Prancis dan Tiongkok,’’ ujar Doni.

Meski lebih banyak dikerjakan di angkringan, buah tangan seniman asal Kelurahan Josenan itu tak bisa disepelekan. Sudah tidak terhitung job ilustrasi cover album dan merchandise yang mampir ke bapak satu anak itu. Kliennya mulai warga lokal Madiun, Kediri, Surabaya, Bandung, hingga mancanegara seperti Jerman dan Italia. ‘’Kalau dengan klien luar bisanya komunikasi lewat e-mail,’’ tuturnya.

Banyak keuntungan yang didapat saat mengerjakan pesanan dari luar negeri. Yakni, mendapatkan deal harga di atas rata-rata. Minimal Rp 1 juta. Selain itu, Doni kerap dikirimi fisik album atau merchandise dengan gambar hasil karyanya. ‘’Sebulan bisa terima 20-25 pesanan,’’ sebutnya.

Doni mulai akrab dengan peranti menggambar ilustrasi saat teman-temannya minta dibuatkan pamflet konser band hardcore pada 2001 silam. Kala itu dia masih aktif menekuni musik cadas tersebut. ‘’Akhirnya saya manyadari kalau ini bisa menghasilkan uang,’’ katanya.

Selama ini Doni mempromosikan jasa menggambarnya melalui Instagram. Jaringan pertemanannya juga sangat membantu. Dari sana pula dia banyak mendapatkan pelanggan setia. ‘’Saya sudah beberapa kali ikut pameran seni. Baik tunggal maupun bersama seniman lain,’’ ujarnya. *** (isd/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close