Madiun

Dari Mobil RC Nama Pujo Asmoro Dikenal hingga Mancanegara

Hobi jika ditekuni dengan serius bisa menjadi ladang bisnis. Itu pula yang dilakukan Pujo Asmoro. Pria 42 tahun tersebut kini dikenal sebagai produsen mobil RC yang telah mendunia.

SRI MULYANI, Jawa Pos Radar Madiun

REPLIKA mobil jenis offroad itu sepintas mirip dengan aslinya. Mulai bodi, bumper, ban, hingga wiper digarap dengan detail. Pun, bisa melaju kencang dan bermanuver layaknya kendaraan sungguhan dengan dikendalikan remote control (RC). ‘’Awalnya saya sekadar hobi mengoleksi (mobil RC),’’ kata Pujo Asmoro, kreator mobil RC yang produknya telah merambah berbagai negara, Kamis (17/6).

Berbagai jenis mobil RC mampu dibuat Pujo. Mulai rally, adventure, engine buggy, shortcross, drift, hingga engine monster truck. Sementara, harganya dibanderol di kisaran Rp 15 juta per unit. ‘’Kalau khusus bodi saja Rp 5 juta-Rp 10 juta,’’ sebutnya.

Kreativitas Pujo membuat mobil RC berawal saat melihat kendaraan jenis itu di sebuah mal kawasan Batam. Pria tersebut kemudian membelinya dan akhirnya sejak 2000 silam mulai rajin mengoleksi. ‘’Lalu coba bikin sendiri dengan bahan aluminium,’’ ujarnya.

Mobil buatannya itu lantas di-posting di media sosial. Tak disangka banyak yang tertarik dan berminat membelinya. ‘’Awalnya saya tolak. Eh, makin hari makin banyak yang menghubungi. Akhirnya saya berani terima order dan fokus di situ,” kenang bapak tiga anak tersebut.

Selain membuat produk handmade, Pujo juga melayani custom RC pabrikan. Mayoritas pelanggan minta dibuatkan aksesori tambahan seperti bumper dan slider guard. ”Acuannya foto kiriman customer. Jadi, bisa dibuat sedetail mungkin. Tidak asal bikin,’’ terang Pujo.

Selama ini order datang dari berbagai lintas pulau di tanah air. Mulai Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua. Bahkan telah merambah sejumlah negara seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Kosta Rika, dan Italia. ‘’Satu unit pembuatannya rata-rata butuh waktu tiga bulan. Kalau custom RC pabrikan sehari jadi,” katanya. * (isd/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button