features

Dari Kain Perca Tjatur Ambarwati Mendulang Rupiah

Mengurangi limbah sekaligus mendulang rezeki. Itulah berkah yang diperoleh Tjatur Ambarwati dari menekuni kerajinan kain perca. Pun, berbagai produk hasil kreasinya kini telah merambah berbagai daerah di tanah air.

SRI MULYANI, Jawa Pos Radar Madiun

BERBAGAI produk berbahan kain perca tampak tertata rapi di etalase salah satu ruangan rumah Tjatur Ambarwati. Ada tas, sandal, dompet, sarung bantal, baju, gantungan kunci, bunga, hingga boneka mini. Sementara, si empunya rumah siang itu sedang sibuk dengan mesin jahitnya. ‘’Sudah sejak 2009 bikin kerajinan seperti ini,’’ kata Ambar.

Aktivitas Ambar membuat produk berbahan kain perca awalnya sekadar mengisi waktu luang di sela kesibukannya menggarap sawah. Sebelumnya, dia mempelajari teknik pembuatan kerajinan perca dari buku. ‘’Kebetulan punya beberapa teman penjahit. Jadi, tidak kesulitan cari bahannya,’’ ujar Ambar.

Selama ini Ambar tak jarang terinspirasi model maupun motif produk kerajinan perca dari barang serupa yang terlebih dulu beredar di pasaran maupun dilihatnya di dunia maya. Namun, dia tidak serta-merta meniru persis. ‘’Saya pakai prinsip ATM (amati, tiru, modifikasi, Red),’’ sebut warga Jalan Thamrin, Gang Kamboja, Klegen, Kartoharjo, itu.

Produk kerajinan perca buatan Ambar semakin dikenal luas berkat sejumlah pameran yang diikuti langsung perempuan 50 tahun itu maupun lewat instansi terkait. ‘’Ternyata banyak warga luar Jawa termasuk Papua yang suka dengan produk saya,’’ tuturnya.

Dalam sebulan Ambar bisa memproduksi hingga 50 produk kerajinan perca berbagai jenis. Sementara, harga yang dipatok bervariasi mulai Rp 20 ribu hingga Rp 350 ribu. ‘’Pernah produk saya diborong turis waktu pameran. Katanya murah,’’ kenangnya.

Kini, berkat kepiawaiannya membuat berbagai produk kerajinan perca, ibu dua anak itu kerap diundang menjadi narasumber pelatihan. * (dilengkapi Friska OF/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button