features

Dari Aneka Teh Celup Herbal, Ully Haque Ussianti Dulang Rupiah

Inovasi Ully Haque Ussianti berbuah manis. Lewat aneka teh celup herbal hasil olahannya, perempuan itu mampu mendulang banyak rupiah. Pun, produknya kini telah merambah berbagai daerah di tanah air.

SRI MULYANI, Jawa Pos Radar Madiun

KEMASANNYA tidak jauh berbeda dengan boks teh celup umumnya. Ada varian rasa telang jahe, uwuh, hingga bir pletok. Itulah minuman herbal hasil kreasi Ully Haque Ussianti. ‘’Awalnya diolah jadi semacam jamu untuk konsumsi keluarga sendiri. Ternyata banyak orang yang berminat,’’ ujarnya.

Mengetahui jamu buatannya diminati, perempuan 31 tahun itu lantas menjualnya dalam kemasan botol. Belakangan, muncul ide mengolahnya dalam bentuk teh celup agar menjangkau konsumen hingga luar kota. ‘’Rasanya beda dengan teh biasa,’’ sebutnya.

Proses pembuatannya dimulai dengan mengeringkan bahan baku, lalu dihaluskan. Selanjutnya, ditimbang dan dikemas dalam drip bag atau kantong celup dengan berat masing-masing sekitar 2 gram. ‘’Bahan yang saat ini sulit dicari kapulaga. Harganya juga mahal. Satu ons Rp 100 ribu,” ungkap ibu dua anak itu.

Produk teh celup herbal itu diklaim memiliki berbagai khasiat. Teh telang, misalnya, dapat mengatasi insomnia. Selain itu, cocok untuk penderita diabetes. ‘’Yang paling laris teh celup telang original,” tuturnya sembari menyebut semua varian teh celup buatannya dibanderol seharga Rp 20 ribu.

Di saat kasus Covid-19 meninggi, penjualan teh celup herbal hasil olahan Ully meningkat signifikan. Biasanya konsumen berangkat dari coba-coba. Dirasa cocok, mereka lantas menjadi pelanggan tetap. ‘’Penjualannya sudah ke berbagai daerah di Indonesia,’’ ujarnya.

Teh celup hasil olahan Ully mampu bertahan hingga satu tahun lebih. Pun, hasil eksperimennya, dari sisi rasa tidak berubah meski disimpan setahun. ‘’Penyajiannya sama dengan teh celup umumnya. Tinggal dicelupkan ke air panas,’’ katanya. ‘’Satu teh celup bisa dipakai dua kali,” imbuhnya. * (isd/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button