PacitanPeristiwa

Dapur Jebol Tertimpa Material Longsor

Di Dusun Drono, Temon, Arjosari

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Hujan deras yang mengguyur kawasan Arjosari selama tiga hari berturut-turut berujung bencana tanah longsor. Salah satu bangunan dapur di Dusun Drono, Desa Temon, jebol usai tertimpa material longsoran dari tebing setinggi tujuh meter Rabu malam (1/1), dua jam sebelum pergantian tahun.

Mukriyanto, pemilik rumah, mengaku saat kejadian sedang tidur di ruang sebelah dapur. Kala itu listrik tengah padam. ‘’Terdengar suara ambruk. Lalu saya cek dengan senter. Ternyata dapur kena longsoran,’’ ujarnya Kamis (2/1).

Dia mengatakan, longsor terjadi bersamaan hujan yang mengguyur desanya sejak tujuh jam sebelumnya. Lamanya durasi hujan mengakibatkan tanah tebing bercampur batu menggelontor ke bawah. ‘’Turun hujan sejak jam tiga sore,’’ tuturnya.

Tak hanya merobohkan bangunan dapur, material longsor juga mengubur kompor dan berbagai perabotan memasak lainnya. ‘’Saya sendirian di rumah. Istri dan anak-anak merantau,’’ katanya sembari menyebut kerugian akibat longsor itu ditaksir sekitar Rp 5 juta.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aswin Rikha Wijaya mengimbau warga, terutama yang tinggal di wilayah rawan longsor, waspada saat turun hujan. ‘’Kalau sekiranya ada tanda-tanda akan terjadi longsor, sebaiknya mencari tempat terbuka yang aman,’’ pesannya. (mg2/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close