Magetan

Dana Penanganan Covid-19 Masih dalam Penghitungan

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Berbeda dengan beberapa daerah tetangga, Pemkab Magetan hingga kini belum bisa menentukan besaran dana penanganan wabah Covid-19 di wilayah setempat. ‘’Masih dihitung,’’ ujar Bupati Suprawoto Selasa (14/4).

Kang Woto -sapaan Suprawoto- mengatakan, anggaran penanganan wabah korona  tak hanya bersumber dari APBD Magetan. Ada tambahan dana berupa jaring pengaman sosial dari pemerintah pusat dan Provinsi Jatim. ‘’Berapa nominal sokongan dana itu masih belum diketahui,’’ ungkapnya.

Dia menyebut, pemkab telah merealokasikan anggaran yang ada untuk penanganan wabah korona. Sumbernya beragam. Mulai dana perjalanan dinas ASN, pelatihan, hingga kegiatan rapat. ‘’Kegiatan yang bisa ditunda, kami tunda dulu,’’ tegasnya.

Dana tersebut, lanjut Kang Woto, digunakan untuk berbagai kegiatan penanganan wabah korona. Termasuk pemberian bantuan bagi keluarga terdampak isolasi mandiri. Juga pengadaan nutrisi bagi tenaga medis dan petugas di posko penanganan Covid-19.

Sementara, dana percepatan penanganan Covid-19 yang nominalnya sudah pasti yakni berasal dari dana desa (DD). Sekitar Rp 4,49 miliar DD pada termin pertama dialokasikan untuk penanganan wabah korona. ‘’Masih akan bertambah,’’ imbuh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Magetan Eko Muryanto.

Penambahan itu kemungkinan besar berasal dari bantuan langsung tunai (BLT). Jika aturannya sudah klir, BLT bakal dialokasikan dari DD. Sayangnya, hingga kini aturannya belum turun. ‘’Yang pasti, BLT nanti diambil dari DD,’’ ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Magetan Sujatno sempat meminta pemkab menjelaskan total anggaran penanganan wabah korona maupun sumber dana dan penggunaannya. Pasalnya, instruksi mendagri tentang pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan Covid-19 tertanggal 2 April mewajibkan daerah melaporkan anggaran penanganan korona dalam jangka waktu tujuh hari setelah instruksi itu diterbitkan. (bel/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close