Magetan

Dana Miliaran Untuk Poles Jalan Madinah-nya Magetan

Trotoar Anyar Dipakai PKL

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Pemkab Magetan kembali menggelontorkan anggaran besar memoles ruas jalan di Desa Temboro, Karas. Bila tahun lalu mengucurkan duit Rp 2,3 miliar, dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (DPUPR) menambah Rp 3 miliar untuk melebarkan ruas kawasan Madinah-nya Magaten tersebut. ‘’Mulai Temboro sampai Jungke akan ditingkatkan,’’ kata Sekretaris DPUPR Magetan Muchtar Wahid Selasa (11/2).

Muchtar menyebut, ruas jalan dari utara gerbang masuk Temboro bakal dicor beton. Kondisi terkini sudah berlapis hotmix. Namun, kerap berlubang karena dilintasi kendaraan berat. Permukaan aspal juga menjadi tidak rata dan becek setelah hujan. Tentunya membahayakan pengguna jalan. “DED (detail engineering design, Red) masih belum selesai,” ujarnya.

Selain itu, DPUPR bakal melanjutkan pembangunan trotoar di sepanjang jalan. Pedestrian yang tersedia baru perempatan Temboro ke utara. Belum sampai Jungke karena kondisi jalannya belum diperbaiki secara menyeluruh. ‘’Ya jalan ya trotoarnya sekalian,” tuturnya.

Sayangnya, pedestrian yang ada malah dipakai para pedagang kaki lima (PKL). Pejalan kaki harus berjalan di badan jalan. Padahal, arus lalu lintas terbilang ramai. Sebab, menjadi jalan alternatif Karas-Maospati. Problem tersebut sudah masuk telinga Muchtar. ‘’Orang jalan nggak bisa lewat,’’ ujarnya seraya menyebut mengajak satpol PP untuk sosialisasi kepada PKL.

Diketahui, DPUPR melebarkan ruas jalan Temboro menjadi 14 meter sepanjang 750 meter. Mulai utara pasar hingga perbatasan Desa Temenggungan. Paket proyek yang digarap CV Aneka Teknik itu juga memasang gorong-gorong dan membuat saluran terbuka. (bel/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close