Ngawi

Dana Kampanye Pasangan OK, Laporan Awal Hanya Rp 50 Juta

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Besaran biaya sosialisasi pasangan Ony Anwar-Dwi Rianto ’’Antok’’ Jatmiko (OK) untuk mengarungi Pilkada Ngawi 2020 mulai terungkap. Laporan awal yang diterima KPU setempat, pasangan calon (paslon) itu hanya mencantumkan angka Rp 50 juta.

Koordinator Divisi Teknis KPU Ngawi Aman Rido Hidayat mengatakan, total dana kampanye yang dihimpun OK baru bisa diketahui setelah pasangan itu melaporkan penerimaan dan pengeluarannya sehari setelah masa kampanye berakhir.

KPU akan menggandeng kantor akuntan publik untuk mengaudit laporan tersebut apakah sudah sesuai ketentuan atau belum. ‘’Nanti bisa diketahui apakah paslon sudah patuh pada ketentuan atau belum,’’ kata Rido Senin (28/9).

Dia menjelaskan, dana kampanye merupakan bujet yang digunakan untuk seluruh proses kampanye paslon. Mulai biaya pertemuan terbatas, publikasi, hingga pengadaan alat peraga kampanye (APK). Selain berupa uang, sumbangan berupa barang dan jasa juga wajib dilaporkan bersama laporan dana kampanye ke KPU.

Rido menyampaikan, pelaporan dana kampanye ke KPU diatur dalam PKPU 5/2017 dan diperbarui dalam PKPU 12/2020. Ada tiga jenis yang wajib dilaporkan, yakni buku rekening, laporan awal, serta laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye. ‘’Kalau tidak (dilaporkan) berpotensi menggugurkan calon,’’ ujarnya.

Dia menambahkan, paslon bisa menerima dana kampanye dari dua sumber. Yakni, pihak perseorangan dan kelompok. Untuk sumbangan dari perseorangan dibatasi maksimal Rp 75 juta. Sedangkan dari kelompok paling banyak Rp 750 juta. ‘’Kalau jumlah pihak yang memberikan sumbangan bebas, tidak dibatasi,’’ pungkasnya. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close